Otomotif

Jalur Mudik Lebaran: 2 Tanjakan Sangat Membahayakan pada Gunungkidul Dilenyapkan dari Google Maps

Quantavillage.com – GUNUNGKIDUL – Dua ruas jalan pada wilayah Gunungkidul akan segera dihapus sementara selama libur lebaran 2024 nanti. Alasannya, oleh sebab itu jalan yang dimaksud miliki tanjakan curam yang dianggap berbahaya bagi pemudik.

Dua ruas jalan yang dimaksud adalah tanjakan Clongop Kapanewon Gedangsari juga Bundelan Kapanewon Ngawen. Kedua ruas ini termasuk jalur rawan kecelakaan.

Kepala Dishub Gunungkidul Irawan Jatmiko mengatakan, Kedua ruas jalan ini mempunyai karakteristik tanjakan cukup terjal lalu panjang.

Sehingga dinilai membahayakan untuk para pengguna jalan. Butuh kemampuan yang mana mumpuni dari pengendara dan juga kondisi mobil yang dimaksud fit untuk melibas kedua ruas ini.

“Dua ruas jalan yang disebutkan berada dalam Perbatasan Gunungkidul-Klaten Jawa Tengah,” kata beliau di dalam sela ramp chek bus, Awal Minggu (1/4/2024).

Menurutnya, bagi penduduk lokal Kapanewon mungkin saja ruas jalan yang dimaksud telah biasa. Mereka telah terbiasa menyeberangi kedua ruas jalan yang disebutkan sehari-hari.

Namun. untuk penduduk luar tempat yang dimaksud tiada mengetahui medan maka akan datang menyulitkan dan juga membahayakan.

Biasanya, penduduk luar tempat memang sebenarnya mengandalkan Google Maps untuk mencari jalan tersingkat ke Gunungkidul. Dan seringkali dua ruas yang disebutkan muncul ketika membuka Google Maps di area Klaten ketika hendak ke Gunungkidul.

“Makanya kami upayakan agar tidaklah muncul pada Google Maps,” kata dia.

Pihaknya telah lama berkoordinasi dengan Dinas Kominfo untuk menghitamkan (menghapus) ruas jalan yang dimaksud sementara waktu atau selama musim lebaran.
Tujuannya agar tiada terjadi kecelakaan akibat kendaraan yang digunakan tak kuat melibas tanjakan dalam dua ruas tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button