Kesehatan

7 Makanan Pencegah DBD, dari Pepaya hingga Bayam

Quantavillage.com – JAKARTA — Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di area Indonesia terus meningkat. Tercatat per 1 Maret 2024 terdapat sekira 16.000 persoalan hukum DBD di tempat 213 Kabupaten/Kota di tempat Indonesia dengan 124 kematian.

Mengutip situs Kementerian Aspek Kesehatan Republik Indonesia, perkara DBD diperkirakan akan terus berlanjut hingga April 2024, seiring dengan musim hujan lalu El nino.

DBD memang sebenarnya dapat disembuhkan, namun alangkah baiknya melakukan pencegahan. Salah satu cara dengan menjaga asupan makanan sehari-hari. Dikutip Times of India, berikut makanan yang mana sanggup menghindari DBD.

Makanan Pencegah DBD

1. Pepaya
Ekstrak pepaya kaya akan enzim seperti papain juga chymopapain yang dimaksud membantu pencernaan, mengurangi kembung, juga gangguan pencernaan lainnya. Mengonsumsi 30 ml jus daun pepaya dapat membantu meningkatkan total trombosit. Oleh sebab itu, pepaya juga daun pepaya ini cocok untuk pencegahan juga terapi demam berdarah.

2. Delima
Delima kaya akan nutrisi juga mineral penting yang menyediakan energi yang tersebut dibutuhkan tubuh. Sehingga mengonsumsi buah delima dapat mengempiskan rasa lelah dan juga letih. Selain itu, buah delima kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk menjaga jumlah keseluruhan trombosit darah.

3. Bawang putih
Bawang putih adalah salah satu makanan anti-virus terbaik yang dimaksud dapat Anda temukan ketika ini. Bawang putih juga merupakan makanan penambah kekebalan yang tersebut membantu mengatasi gejala seperti peradangan, demam, serta sakit tenggorokan. Sifat antimikroba dan juga antijamur jua membasmi kuman serta racun jahat sehingga mempercepat pemulihan.

4. Yogurt
Yogurt tidak ada cuma baik untuk pencernaan tetapi juga menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar berfungsi dengan baik. Yogurt bekerja sebagai probiotik yang merangsang produksi bakteri usus penting, menghilangkan racun, lalu memberi lebih lanjut banyak faedah kesehatan.

5. Brokoli
Brokoli adalah sumber Vitamin K yang mana sangat baik membantu meregenerasi trombosit darah. Sayuran hijau ini juga kaya akan pencegah oksidasi kemudian mineral. Dengan begitu, brokoli cocok untuk dikonsumsi sebagai pencegahan serta penyembuhan dbd.

6. Bayam
Selain brokoli, mengonsumsi bayam juga merupakan cara yang digunakan efektif untuk meningkatkan jumlah keseluruhan trombosit. Bayam merupakan makanan yang tersebut kaya akan zat besi juga lemak omega-3 yang tersebut sangat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Buah Kiwi
Buah kiwi mengandung vitamin A, vitamin E, dan juga potasium pada jumlah keseluruhan yang mana baik untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh serta membatasi hipertensi juga tekanan darah tinggi. Tembaga pada buah kiwi bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah yang dimaksud sehat serta mendirikan kekebalan terhadap penyakit.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button