Nasional

Sebut Prabowo Subianto Mirip Binatang, Cornelis Dilaporkan ke Bawaslu

Quantavillage.com – Caleg DPR-RI PDIP Dapil 1 Kalimantan Barat, Cornelis, dilaporkan ke Bawaslu oleh Advokat LISAN usai sebut Calon Presiden Prabowo Subianto seperti babi.

Sebelumnya merebak video di dalam media sosial usai diunggah oleh akun TikTok @sayapkanan05 pada Hari Minggu (11/02/2024).

Lewat unggahan yang tersebut dibagikan, terlihat Cornelis tampak memberikan sindiran keras untuk Prabowo Subianto yang mana merupakan capres paslon nomor urut 02.

“Jalannya terpincang-pincang. Tidak beristri dikarenakan penisnya telah dipotong. Siapa yang digunakan potongnya? Fretilin,” ujar Cornelis yang mana disambut tawa para hadirin yang tersebut tampak menggunakan baju berwarna merah.

Tak cuma itu, tanpa ragu Cornelis tampak menyebutkan bahwa Prabowo mirip seekor babi.

“Jadi bijinya udah diambil, makanya ia (prabowo) gemuk mirip babi yang digunakan telah disunat. Tahu kalian babi yang mana telah disunat? Itulah dia,” tambah Cornelis.

Menanggapi viralnya video tersebut, melalui akun Instagram pribadinya Advokat LISAN mengakui telah lama melaporkan Cornelis ke BAWASLU.

“Advokat LISAN melaporkan Cornelis pribadi politikus PDIP yang menghina calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dengan kata-kata kasar,” tulis akun @lingkarnusantaraofficial.

Saat dikonfirmasi, Komisioner Bawaslu Kalbar, Faisal Riza mengakui benar bahwa perkara yang dimaksud sudah pernah dilaporkan.

“Sudah dilaporkan ke Bawaslu RI oleh kelompok lain kita tunggu semata ya,” ujar Faisal pada waktu dihubungi oleh kelompok SuaraKalbar.id pada Selasa (13/02/2024).

Cornelis disebutkan dilaporkan oleh pelapor dengan tindakan hukum dugaan pelanggaran pada pasal 280 ayat 1 huruf C UU tentang pemilu.

Selain itu, Faisal menyebutkan pelaporan yang disebutkan diduga turut merekap pada ujaran lain beberapa waktu lalu oleh Cornelis pada waktu hadir pada kampanye akbar pada Rumah Adat Lingga, Ambawang, Kalimantan Barat pada Rabu (31/01/2024) lalu.

“Bisa jadi (direkap). Perlu cek ke RI dulu,” pungkas Faisal.

Kontributor : Maria

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button