Otomotif

Wacana Kenaikan Pajak Motor Konvensional Jadi Pro juga Kontra

Quantavillage.com – otoritas Indonesia sedang mengkaji kemungkinan untuk meningkatkan pajak motor konvensional. Tujuannya untuk menggerakkan warga beralih ke kendaraan yang mana lebih tinggi ramah lingkungan, seperti motor listrik, dan juga meningkatkan pemakaian transportasi umum.

Namun, wacana ini menuai pro serta kontra. Menanggapi wacana tersebut, PT Astra Honda Motor (AHM) menyatakan bahwa kenaikan pajak perlu dikaji ulang dikarenakan dapat berdampak pada mobilitas warga dan juga roda perekonomian.

“Kami berharap kebijakan-kebijakan pemerintah itu mempertimbangkan sedemikian hal sehingga tak berdampak bagi konsumen,” ujar Thomas Wijaya, Executive Vice President Director AHM, Hari Jumat (9/2/2024).

Dalam hal ini, AHM memahami tujuan pemerintah untuk menggalakkan publik beralih ke kendaraan listrik.

Namun demikian, merek mengusulkan solusi alternatif yaitu meningkatkan infrastruktur transportasi umum dan juga meningkatkan kekuatan konektivitasnya dengan kendaraan pribadi.

“Baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum dapat menggerakkan perekonomian. Banyak rakyat yang sulit menjangkau transportasi umum, sehingga menggunakan kendaraan pribadi,” tuturnya.

Pasalnya, lanjut Thomas, kendaraan beroda dua motor dipilih dikarenakan mempunyai bentuk yang ringkas sehingga tambahan efisien pada melintasi kepadatan lalu lintas.

“Namanya mobilitas, bisa jadi menggunakan kendaraan pribadi bisa saja juga kendaraan umum. Jadi, bagaimana semua prasarana transportasi mobilitas itu saling melengkapi juga saling memperkuat. Itu yang dimaksud kami harapkan,” pungkasnya.

AHM percaya, bahwa solusi yang mana komprehensif kemudian berkelanjutan perlu dikaji untuk menggerakkan publik beralih ke kendaraan ramah lingkungan tanpa membebani konsumen.

Sebelumnya Menteri Koordinator Sektor Kemaritiman serta Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa pemerintah sedang mengkaji rencana untuk meningkatkan pajak kendaraan beroda dua motor konvensional.

Tujuannya adalah untuk mengupayakan masyarakat, agar mau beralih ke kendaraan bermotor yang mana lebih tinggi ramah lingkungan seperti motor listrik juga memanfaatkan transportasi umum.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button