Otomotif

Hankook C54 H Laga Utama Luar Eropa

Quantavillage.com – Nama Sirkuit Yas Marina kondang sebagai salah satu trek balap Formula 1 (F1). Kekinian, lintasannya digunakan sebagai turnamen balap endurance, International Endurance Racing yang mana dilakukan keempat kalinya.

Bertajuk Endurance 24H Series powered by Hankook, balapan diawali dengan event Hankook 6H Abu Dhabi yang dimaksud diselenggarakan akhir pekan lalu (20/1/2024).

Dikutip dari rilis resmi Hankook sebagaimana diterima Suara.com, di balapan ini Hankook memasang ban terbaru bagi para petarung yang dimaksud mencapai lebih tinggi dari 40 kontestan. Yaitu ban seri balap Hankook C54 H.

Ini perdana kali Hankook C54 H tampil di dalam luar Eropa, setelahnya sukses debut di tempat event balap Hankook 24H Barcelona pada musim 2023.

Hankook C54 H mempunyai spesifikasi bobot lebih besar ringan dan juga kompon ban baru lebih lanjut lembut, mampu menciptakan daya cengkeram lebih besar baik sehingga memungkinkan para atlet sepeda meraih waktu tempuh tambahan singkat.

Ban Hankook C54 H, seri penerus Hankook Ventus F200 dipasang dalam semua tunggangan kontestan, salah satunya Porsche 911 GT3 R (type 992)  [Hankook Indonesia].
Ban Hankook C54 H, seri penerus Hankook Ventus F200 dipasang di area semua tunggangan kontestan, salah satunya Porsche 911 GT3 R (type 992) [Hankook Indonesia].

Struktur C54 H sudah dikembangkan melalui berbagai pengujian sehingga menawarkan performa yang tersebut tambahan baik dengan jarak tempuh identik seperti pendahulunya, Hankook Ventus F200.

Sebagai catatan, balapan Hankook 6H Abu Dhabi adalah putaran kedua dari Middle East Trophy. Dimulai dari seri balapan Hankook 12H Kuwait pada Desember 2023 dan juga akan diakhiri di area seri ketiga pada Dubai.

Ajang pembuka musim juga seri endurance classic ini, Endurance 24H Series powered by Hankook ditunda kemudian akan diselenggarakan 26-28 Januari 2024, dikarenakan kapal yang mengangkut mobil dan juga peralatan harus melakukan pengalihan rute akibat gejolak urusan politik di tempat Laut Merah. Sehingga seri balapan Hankook 24H Dubai menjadi seri penutup dari Middle East Trophy tahun ini.

Seri balapan Endurance 24H Series powered by Hankook selanjutnya akan berlangsung di dalam lima sirkuit ternama pada Eropa.

“Abu Dhabi menandai dimulainya dekade baru di kolaborasi kami dengan promotor Creventic. Kami memasuki tahun ke-11 dengan di area Sirkuit Yas Marina, salah satu rute balap paling mengesankan di tempat dunia,” jelas Manfred Sandbichler, Hankook Motorsport Director Europe.

Ia melanjutkan, sejak dimulainya kerja serupa pada 2014, Endurance 24H Series powered by Hankook sudah mengalami perkembangan secara konsisten kemudian sekarang ini menjadi salah satu seri balap endurance terbaik dalam dunia.

Seluruh kelompok terbaik berlaga di area kompetisi Hankook 6H Abu Dhabi, dengan ban balap terbaru juga ban terbaik Hankook C54 H, dan juga pasukan yang mana berpengalaman.

“Hankook menegaskan para penggemar motorsport mendapatkan tontonan yang menakjubkan pada balap endurance kami pada permulaan tahun ini,” tukas Manfred Sandbichler.

Di sirkuit Abu Dhabi yang mana miliki rute sepanjang 5,281 km di dalam gurun pasir disajikan kombinasi yang dimaksud menarik antara trek lurus lalu tikungan yang menuntut kemampuan pembalap.

Salah satu ciri canggih dari sirkuit ini yaitu pit lane exit, yang digunakan berada dalam bawah jalur balap. Di berada dalam persaingan yang ketat, beberapa regu mengincar kemenangan di area seri balapan Hankook 6H Abu Dhabi adalah Juara Car Collection Motorsport 2021, yang mengandalkan Audi R8 LMS GT3 Evo II lalu Porsche 911 GT3 R (type 992) terbaru.

Musim lalu, Herberth Motorsport berjuang keras untuk finish sebagai runner-up dari grid kedudukan ke 19. Mereka memiliki target tempat teratas dalam podium Abu Dhabi dengan andalan Porsche 911 GT3 R (type 992).

Salah satu kelompok favorit juara adalah CP Racing. Tim ini berhasil mencatatkan sejarah lewat kemenangan round pembuka Middle East Trophy 2023/2024 di area Kuwait pada Desember 2023 dengan catatan finish dengan selisih cuma 0,537 detik dari juara kedua.

Inilah catatan waktu selisih terkecil sepanjang sejarah seri balapan ketahanan atau endurance sehari semalam yang digunakan didukung Hankook.

Jadwal Hankook 6H Abu Dhabi (waktu setempat)

Sabtu, 20 Januari

  • 09:00 – 10:30 Latihan bebas, semua kelas
  • 17:10 – 17:25 Kualifikasi 1, semua kelas
  • 17:30 – 17:45 Kualifikasi 2, semua kelas
  • 17:50 – 18:05 Kualifikasi 3, semua kelas

Minggu, 21 Januari

  • Pukul 10:00 – 16:00 Hankook 6H Abu Dhabi

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button