Nasional

Tinjau Langsung Tol Kalikangkung, Kapolri Sebut 3 Hal Fokus Kesiapan Mudik

Quantavillage.com – JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan terdapat tiga hal utama yang menjadi prioritas pada rangka persiapan mudik Lebaran 2024 di dalam Jawa Tengah. Hal yang dimaksud disampaikan secara langsung Kapolri usai meninjau kesiapan mudik di tempat Gerbang Tol Kalikangkung KM 414, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/4/2024).

Kapolri mengatakan, dari data milik Kementerian Perhubungan, diperkirakan ada peningkatan total pemudik hingga 56 persen pada Lebaran 2024.

Oleh karenanya, ia mengatakan diperkirakan jumlah total pemudik yang tersebut melalui Gerbang Tol Kalikangkung juga akan datang meningkat sebesar 4 persen. Sementara pada arus balik, Kapolri mengatakan, diprediksi akan datang terjadi peningkatan hingga 1,5 persen.

“Sehingga ini membutuhkan perhatian khusus, ada tiga hal yang dimaksud menjadi perhatian kita. Pertama bagaimana agar kemacetan bisa saja diurai dengan baik,” kata Kapolri.

Kapolri menuturkan salah satu langkah yang digunakan sudah disiapkan pihak kepolisian untuk mengurai kemacetan yang dimaksud ialah dengan menambah beberapa pintu exit tol.

Selain itu, ia mengatakan, pada titik-titik exit tol yang disebutkan nantinya juga akan disiapkan petugas tambahan dengan mesin card reader untuk mempercepat arus lalu lintas.

Selanjutnya, Kapolri juga turut memerintahkan jajarannya untuk memberikan informasi untuk publik apabila kembali terjadi banjir di area beberapa wilayah Jawa Tengah.

“Kalau bukan salah ada 11 titik yang digunakan sempat terlanda banjir juga sudah ada disiapkan jalur alternatif. Nanti mohon ini juga diinformasikan ke warga sehingga jalur alternatif yang dimaksud dapat jadi pilihan pada ketika hujan tergenang,” ujar Kapolri.

Prioritas kedua, kata dia, ialah untuk menghurangi jumlah keseluruhan kecelakaan lalu lintas selama periode mudik Lebaran 2024. Kapolri menilai, hal itu penting dijalankan agar seluruh publik yang dimaksud melaksanakan mudik dapat kembali ke wilayah dengan syarat dengan selamat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button