Nasional

Sejumlah Trik Polri Urai Kemacetan Arus Mudik juga Balik Lebaran 2024

JAKARTA – Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso mengungkapkan, terjadi peningkatan kendaraan yang tersebut melebihi kapasitas jalan pada waktu arus mudik juga balik Lebaran 2024.

Untuk itu, kata Raden Slamet, pihaknya menyiapkan sebagian langkah antisipasi guna mengurai kemacetan, sehingga tidak ada terjadi penumpukan kendaraan.

“Untuk strategi kita, strategi kepolisian pada hal ini, tadi pertama kita menggunakan surat langkah sama-sama (SKB) dahulu. SKB pembatasan kendaraan sumbu tiga ke melawan untuk beroperasi,” kata Raden Slamet Santoso pada dialog umum bertema ‘Operasi Ketupat serta Strategi otoritas Hadapi Mudik Lebaran 2024’ di tempat kawasan Kemang, DKI Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2024).

Raden Slamet mengatakan, pembatasan itu mulai diberlakukan pada 5 hingga 16 April 2024. Namun, ada kendaraan yang dikecualikan, yakni kendaraan pengangkut sembako.

“Sehingga itu dapat menghurangi perlambatan kemudian besar kendaraan yang melintas, baik itu di dalam jalan tol maupun dalam jalan arteri. Karena SKB ini berlaku terhadap dua ruas jalan, baik itu jalan tol maupun jalan arteri,” ucapnya.

Selain pembatasan kendaraan, Raden Slamet menjelaskan, pihaknya juga memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) seperti contra flow, baik itu contra flow satu lajur, yakni penambahan lajur dari arah barat ke timur dalam jalan tol Jakarta-Cikampek.

“Itu penambahan satu lajur, sanggup nanti tambah dua lajur,” ujar Slamet.

Selanjutnya, jikalau kapasitas jalan sudah ada penuh atau Volume, Cpacity, and Ratio (VCR) tiada memungkinkan, maka Polri akan menerapkan skema one way, mulai KM 66 sampai Tol Kalikangkung.

“Itu kita one way ke arah timur pada ketika arus mudik. Demikian juga sebaliknya pada ketika arus balik, itu akan kita one way dari arah timur ke barat, itu sudah ada kita hitung VCR dari masing-masing kondisi jalan yang digunakan ada,” katanya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button