Nasional

Kejagung Periksa Pengusaha RBS, Dalami Keterkaitan dengan PT RBT pada Kasus Korupsi Timah

Quantavillage.com – JAKARTA – Direktur Penyidikan (Dirdik) Jampidsus Kejagung , Kuntadi menyatakan pihaknya sedang memeriksa pelaku bisnis berinisial RBS di perkara dugaan korupsi di tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022.

Kuntadi menjelaskan pemeriksaan diadakan guna mendalami keterkaitan RBS dengan PT RBT yang diduga meraup keuntungan melalui dituduh Harvey Moeis.

“Justru itu yang bersangkutan kami periksa untuk memverifikasi keterkaitan yang dimaksud bersangkutan dengan PT. RBT, apakah yang mana bersangkutan sebagai pengurus, apakah yang digunakan bersangkutan sebagai BO (beneficial owner) atau memang benar tidaklah ada kaitannya serupa sekali,” ujar Kuntadi dalam Kejagung, Jakarta, Mulai Pekan (1/4/2024).

Pemeriksaan terhadap RBS, kata Kuntadi, bersifat klarifikasi guna mendalami sejauh mana keterkaitan RBS dengan PT RBT di perkara korupsi tersebut.

“Ini untuk menghindari kesalahan makanya kami lakukan pemeriksaan untuk klarifikasi sejauh mana keterkaitan yang tersebut bersangkutan,” katanya.

“Yang jelas kami mengamati ada urgensi yang mana perlu kami klarifikasi kepasa yang dimaksud bersangkutan untuk menyebabkan terang kejadian pidana ini,” sambungnya.

Sebagai informasi, Kejagung telah lama menetapkan kemudian menahan suami dari Aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis (HM) di tindakan hukum korupsi tersebut.

Kemudian, nama RBS sempat disorot oleh Koordinator Komunitas Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman, sebab diduga dituduh Harvei Moeis merupakan perpanjangan tangan dari RBS.

MAKI pun mengajukan permohonan Kejagung untuk menelusuri aliran dana korupsi juga menjerat sosok yang dimaksud ada pada balik Harvey Moeis.

Dalam tindakan hukum ini, Harvey Moeis sebagai perpanjangan tangan dari PT RBT diduga berperan mengakomodir kegiatan pertambangan liar atau ilegal bersama-sama dengan eks Direktur Utama PT Timah Mochtar Riza Pahlevi Tabrani (MRPT).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button