Kesehatan

6 Tips Mudik Aman untuk Penderita Darah Tinggi

Quantavillage.com – JAKARTA – Melakukan perjalanan mudik tentu membutuhkan banyak persiapan. Salah satunya, bagi Anda yang digunakan miliki riwayat penyakit hipertensi alias darah tinggi.

Pasalnya, perjalanan berjauhan yang digunakan menyebabkan tubuh lelah akibat menghadapi kondisi jalanan yang mana macet, mampu menyebabkan pemudik rentan stres .

Sementara, stres merupakan salah satu yang digunakan harus dihindari bagi penderita darah tinggi selama melakukan perjalanan mudik.

Lantas, bagaimana mengatasinya? Dilansir dari beberapa sumber pada hari terakhir pekan (29/3/2024), berikut ulasannya.

Tips mudik untuk penderita hipertensi

1. Kelola stres

Manajemen stres sangat penting bagi Anda pada waktu melakukan perjalanan mudik. Pasalnya, ada kalanya perjalanan yang digunakan bukan sesuai rencana akan berujung terhadap emosi kemudian stres.

Saat stres, tubuh Anda akan melegakan hormon stres adrenalin dan juga kortisol ke di darah yang dimaksud mempersiapkan jantung berdetak lebih besar cepat lalu menyempitkan pembuluh darah.

Istirahatlah segera serta bicarakan permasalahan dengan keluarga atau rekan mudik agar Anda tak memendam stres sendirian serta menyebabkan tekanan darah bertambah tinggi.

2. Jangan makan sembarangan

Berbeda dengan pada waktu berada dalam rumah, ketika mudik Anda tidaklah sanggup memasak sendiri makanan sehingga ada kemungkinan makanan yang tersebut Anda arahan mempunyai komposisi garam atau lemak yang mana kurang baik bagi penderita hipertensi.

Jika diperbolehkan, mintalah pada penjual makanan untuk memberikan garam di jumlah total yang dimaksud sedikit. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan dengan komposisi tinggi garam, pastikan untuk membatasi jumlahnya.

Pastikan pula untuk mencatatkan data apa belaka makanan juga minuman yang dikonsumsi sehingga Anda bisa saja menentukan jumlahnya agar bukan berlebihan.

3. Tidur cukup

Jangan sampai kurang tidur semata-mata gara-gara terlalu menikmati momen mudik yang mana menyenangkan.

Pakar kebugaran memohon penderita hipertensi untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap waktu malam demi menjaga tekanan darah tetap saja normal.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button