Kesehatan

5 Tips Mudik Optimal untuk Penderita Asam Urat, Penting Hindari Makanan Tinggi Purin

Quantavillage.com – JAKARTA Mudik mampu menjadi tantangan bagi penderita asam urat akibat perjalanan yang digunakan panjang kemudian kondisi yang digunakan kurang nyaman. Hal ini bisa jadi memicu flare-up atau kekambuhan asam urat.

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang digunakan umum lalu kompleks yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini ditandai dengan serangan nyeri hebat, bengkak, kemerahan, serta nyeri tekan yang mana mendadak dan juga parah pada satu sendi atau lebih, paling kerap pada jempol kaki.

Serangan asam urat bisa saja terjadi secara tiba-tiba, seringkali menghasilkan Anda dibangun di area sedang waktu malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. Sendi yang terkena biasanya terasa panas, bengkak, dan juga sangat nyeri sehingga beban sprei di area atasnya pun terasa tidaklah tertahankan.

Tips Mudik Seimbang untuk Penderita Asam Urat

Berikut tips mudik sehat untuk penderita asam urat dilansir dari Optima Foot and Ankle, Hari Sabtu (30/3/2024).

5 Tips Mudik Optimal untuk Penderita Asam Urat, Penting Hindari Makanan Tinggi Purin

Foto/Infografis SINDOnews

1. Tetap Terhidrasi

Tips pertama adalah menjaga tubuh masih terhidrasi. Bila Anda berada dalam berpuasa, pastikan asupan cairan terpenuhi dengan baik agar menjaga hidrasi tubuh.

Ginjal membutuhkan air untuk menyaring asam urat di tubuh Anda. Tanpa hidrasi yang tersebut cukup, kadar asam urat akan naik, sehingga memungkinkan terbentuknya kristal, yang dimaksud merupakan cikal akan serangan asam urat.

2. Mengurangi Alkohol

Pastikan Anda menghurangi alkohol pada waktu hendak mudik. Tak meminum alkohol dapat mengempiskan risiko kambuhnya asam urat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button