Kesehatan

Waspada! DBD Diprediksi Naik Jelang Lebaran, Begini Penularannya

Quantavillage.com – JAKARTA – Demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit virus yang ditularkan oleh nyamuk dengan penyebaran tercepat yang digunakan menjadi ancaman kritis kemampuan fisik masyarakat.

Data Kementerian Aspek Kesehatan Republik Indonesia pada 2023 menyatakan bahwa terdapat total 114.435 tindakan hukum demam berdarah dengue selama 2023 dengan kematian 894 kasus, turun dari tahun sebelumnya sebanyak 143.266 perkara lalu kematian sebanyak 1.237 kasus.

Sedangkan pada 2024, sampai dengan minggu ke-11 saja, tercatat 35.556 persoalan hukum dengan kematian 290 kasus.

Kasus DBD diprediksi akan meningkat jelang Lebaran ini, di dalam mana momen yang dimaksud tak lepas dari budaya pulang ke kampung halaman atau mudik.

Hal ini juga perlu menjadi perhatian, mengingat orang individu tiada cuma berisiko terkena DBD, tetapi juga berpotensi menyebarkan virus dengue apabila telah lama terinfeksi. Ketika seekor nyamuk menggigit seseorang yang memiliki virus dengue di darahnya, nyamuk yang disebutkan akan terinfeksi virus dengue.

Penularannya sendiri, ketika nyamuk yang mana terinfeksi kemudian dapat menularkan virus yang disebutkan terhadap orang yang mana sehat dengan menggigit mereka.

“DBD tidak ada dapat menyebar secara segera dari satu orang ke orang lain, diperlukan nyamuk untuk penularan virus demam berdarah,” ujar Pendiri lalu Presiden Direktur Alodokter Suci Arumsari.

Suci menambahkan risiko penularan DBD lebih lanjut tinggi di area wilayah yang tersebut padat penduduknya seperti area pemukiman perkotaan, termasuk taman lalu tempat bermain yang mana berada dalam dalamnya, dalam mana terdapat kemungkinan yang dimaksud lebih banyak tinggi untuk menemukan Aedes aegypti dan juga manusia yang terinfeksi.

Hal ini dikarenakan nyamuk dengue dapat terbang beberapa ratus meter untuk mencari wadah berisi air kemudian bertelur, dan juga beberapa nyamuk per rumah tangga dapat menyebabkan wabah DBD yang digunakan besar.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button