Olahraga

Timnas Indonesia Disebut Hampir Pasti Diterima Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Bumi 2026

Quantavillage.com – JAKARTA – Pengamat sepak bola Tanah Air, Akmal Marhali, menilai kalau Timnas Indonesia hampir seratus persen melangkahkan kakinya ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Global 2026 usai kalahkan Vietnam. Namun, Akmal mengingatkan untuk tidaklah larut pada euforia lalu menunjukan bahwa Skuad Garuda pada waktu ini telah level Asia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia berhasil mencuri kemenangan 3-0 ketika bertandang ke markas Vietnam di tempat Stadion My Dinh, Selasa (26/3/2024). Laga ini merupakan laga lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Bumi 2026 Zona Asia.

Berkat kemenangan ini juga, Timnas Indonesia makin mantap di tempat tempat dua dengan koleksi tujuh poin pada klasemen Grup F. Sementara Irak yang tersebut sudah ada mengemas 12 poin telah dipastikan lolos ke putaran selanjutnya. Itu artinya, masih ada satu slot yang mana akan diperebutkan yakni kedudukan runner up yang sedang dihuni Skuad Garuda.

Peluang Timnas Indonesia pun dapat dibilang sangat besar ketimbang Vietnam yang dimaksud pada waktu ini berada dalam kedudukan tiga dengan tiga angka. Di sisa dua laga melawan Irak (6/6) kemudian Filipina (11/6), Skuad Garuda semata-mata butuh satu kemenangan untuk mengunci tiket putaran ketiga Kualifikasi Piala Planet 2026, dan juga otomatis lolos Piala Asia 2027.

“Kalau dari hitung-hitungan ketika ini kita telah 99,99 persen lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Planet 2026 Zona Asia kemudian lolos Piala Asia 2027, sukses yang dimaksud patut disyukuri tentunya dengan hasil pada waktu ini,” kata Akmal ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (28/3/2024).

Kemenangan kontra Vietnam sekaligus mematahkan kutukan 20 tahun Timnas Indonesia tak pernah menang dalam My Dinh. Akmal tidaklah ingin Skuad Garuda melakukan euforia yang digunakan berlebihan. Sebab, tantangan yang dimaksud sebenarnya ada pada fase berikutnya yakni dengan menghadapi tim-tim kuat Asia seperti Irak, Iran, Jepang, Korea Selatan, hingga Arab Saudi.

“Tapi sekali lagi kita tidaklah boleh euforia berlebihan akibat ke depan tantangan semakin berat dikarenakan sejatinya kita belum bertemu dengan lawan-lawan yang punya level Asia,” ucapnya.

“Vietnam telah kita lewati sesama bebuyutan di area Asia Tenggara, tapi untuk level Asia, lawan seperti Irak, Arab Saudi, Iran, Jepang, Korsel adalah lawan-lawan yang digunakan menjadi tantangan ke depan kita apakah timnas kita levelnya sudah ada Asia,” papar Akmal.

Lebih lanjut, Akmal menjelaskan peningkatan Timnas Indonesia ketika ini juga harus diiringi dengan kompetisi juga pembinaan yang mana berkualitas. Hal itulah yang dimaksud menjadi tugas dari PSSI agar mampu menghadirkan Skuad Garuda terbang lebih banyak tinggi.

“Kita harus merespon hasil positif ini, PSSI responnya adalah bagaimana membenahi pembinaan sepak bola kita, kemudian juga kompetisinya sehingga selaras dengan perjalanan Timnas Indonesia mampu meraih hasil maksimal dikarenakan pembinaan yang digunakan bagus serta kompetisi bagus,” tandas Akmal.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button