Ekonomi

4 Bandara Bakal Miliki Autogate di area 2024, Susul Soetta dan juga Ngurah Rai

Quantavillage.com – JAKARTA – Sejumlah bandara internasional pada Indonesia segera memiliki alat autogate menyusul Soekarno-Hatta International Airport pada Tangerang, Banten, dan juga I Gusti Ngurah Rai International Airport di tempat Badung, Bali.

Keempat bandara yang dimaksud adalah Yogyakarta International Airport dalam Kulon Progo, DIY; Kuala Namu International Airport di area Deli Serdang, Sumatera Utara; Hang Nadim International Airport dalam Batam, Kepulauan Riau; lalu Juanda International Airport di tempat Sidoarjo, Jawa Timur.

Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkum-HAM Silmy Karim mengungkapkan, pemasangan alat autogate di dalam berbagai bandara internasional yang disebutkan ditargetkan rampung akhir tahun ini. “Akan beroperasi secara bertahap pada 2024. Setelah itu akan menyusul di tempat Makassar (Sultan Hasanuddin International Airport),” katanya pada rapat dengan pimpinan media di tempat Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Mantan direktur utama PT Krakatau Steel lalu PT Pindad itu menyebutkan, perubahan ini dijalankan terkait jadwal digitalisasi juga memperkuat pariwisata nasional. Lalu lintas penumpang internasional dalam berbagai bandara yang disebutkan pun cukup tinggi.

Diketahui, autogate adalah mesin pemindai yang mana dapat mencocokkan data paspor dengan data e-VoA, e-Visa atau bebas visa pelintas internasional. Autogate mengintegrasikan teknologi face recognition dengan border control management (BCM) untuk pengawasan keimigrasian. Dengan adanya pintu autogate yang dimaksud mempersingkat waktu verifikasi, penumpukan antrean pada titik pemeriksaan keimigrasian dapat dikurangi.

Tahun ini juga, lanjut Silmy, Ditjen Imigrasi akan menambah autogate di tempat Bandara Ngurah Rai dari 30 unit menjadi 80 unit dalam terminal kedatangan dan juga terminal keberangkatan. Pada 1 s.d. 26 Maret 2024, jumlah total pelintas yang dimaksud menggunakan autogate di area terminal kedatangan Bandara Ngurah Rai lebih tinggi dari 121 ribu orang.

Sementara itu, total pelintas yang digunakan menggunakan autogate dalam Bandara Internasional Soekarno-Hatta sepanjang 1 s.d. 26 Maret 2024 hampir 380 ribu orang. Saat ini terdapat 78 unit autogate di dalam Terminal 3 juga 10 unit autogate di tempat Terminal 2 Soetta baik dalam terminal kedatangan maupun keberangkatan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button