Ekonomi

20 Bandara Angkasa Pura II Siap Hadapi Pembaruan Penumpang Mudik Lebaran 2024

Quantavillage.com – JAKARTA – Sebagai upaya menghadapi meningkatnya penumpang angkutan udara Lebaran 2024, PT Angkasa Pura (AP) II yang mana merupakan pengelola 20 bandara pada Indonesia, telah dilakukan melakukan beberapa orang persiapan guna melayani perjalanan para pemudik, baik domestik maupun internasional.

Penumpang pesawat pada periode Lebaran 2024 diprediksi akan meningkat. Pada masa angkutan Lebaran 2024 yang mana akan berlangsung dari 3-18 April 2024, manajemen Angkasa Pura II memperkirakan jumlah total penumpang pesawat di tempat 20 bandara mencapai 4,36 jt orang.

Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Cin Asmoro menjelaskan, proyeksi jumlah agregat penumpang yang disebutkan meningkat 12 persen dibandingkan masa angkutan Lebaran pada 2023, yaitu 3,89 jt orang. Proyeksi jumlah agregat penumpang pada 2024 ini melampaui 9 persen dari angkutan Lebaran 2019 pada waktu belum ada pandemi, yaitu 3,99 jt orang.

Khusus pada Bandara Soekarno-Hatta, yang merupakan bandara terbesar dalam Indonesia, pergerakan penumpang pada angkutan Lebaran 2024 diperkirakan mencapai 2,58 jt orang atau naik sebesar 7 persen dibandingkan dengan 2023.

“Dari data jutaan pergerakan penumpang merupakan gabungan antara penumpang yang mana melakukan perjalanan domestik maupun luar negeri. Kami memprediksi puncak arus penumpang mudik Idulfitri 1445 Hijriah melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 5 hingga 6 April 2024,” ucapnya pada waktu ditemui dalam Gedung Airport Operation Control Center (AOCC), Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (27/3/2024).

Sebagai informasi, AP II menjalankan 20 bandara di dalam Indonesia, yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), juga Husein Sastranegara (Bandung).

Selanjutnya, Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangka Raya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan juga Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

Kesiapan AP II Hadapi Lonjakan Pemudik

Cin mengatakan, untuk menghadapi lonjakan penumpang, dan juga melayani perjalanan pemudik Lebaran, AP II telah menyiapkan rencana operasi di dalam 20 bandara.

“20 bandara-bandara AP II sudah pernah miliki rencana operasi di menyambut angkutan Lebaran 2024. Seperti aspek keamanan, kelancaran, keselamatan, lalu pelayanan yang menjadi prioritas kami untuk menghadirkan Mudik Ceria Penuh Makna,” ujarnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button