Ekonomi

Stafsus Menteri BUMN Buka-bukaan Soal Kasus Korupsi Timah: Sudah Berlangsung Lama

Quantavillage.com – JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatatkan data korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk periode 2015-2022, belum pernah terbongkar sebelumnya. Padahal, aksi aktivitas pidana itu sudah ada berlangsung lama.

Ada beberapa nama yang ditetapkan sebagai terdakwa oleh Kejaksaan Agung (Kejagung), terbaru adalah Harvey Moeis. Suami artis Sandra Dewi ini disebut-sebut menjadi perpanjangan tangan dari PT RBT. Selama 2018 hingga 2019, Harvey tercatat pernah menghubungi Direktur Utama PT Timah yakni MRPT.

Staf Khusus Menteri BUMN , Arya Sinulingga, mengungkapkan Kejagung telah mengawasi ada aksi sistematis dari operasi yang dimaksud diadakan para terperiksa untuk membobol komoditas timah.

“Hal ini sudah ada berlangsung lama ya, lalu merek juga sudah ada mengawasi sistematis operasi-operasi yang mana dijalankan untuk membobol timah. Dan ini sebenarnya perkara yang mana telah sangat lama, yang tersebut selama ini belum pernah terbongkar,” ungkap Arya terhadap wartawan, Kamis (28/3/2024).

Dalam beberapa bulan terakhir, Kementerian BUMN sudah ada berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung untuk melakukan penyelidikan menghadapi korupsi tata niaga komoditas timah wilayah IUP PT Timah.

“Ini memang sebenarnya kami telah tahu bahwa lalu memang sebenarnya berkoordinasi juga dengan Kejaksaan Agung, yang tersebut memang sebenarnya beberapa bulan terakhir ini melakukan yang namanya penyelidikan terhadap pencurian ataupun pengambilan timah yang dimaksud berada di dalam IUP-nya PT Timah,” paparnya.

Arya membeberkan, di tempat lokasi pertambangan PT Timah lah yang tersebut miliki IUP paling luas dibandingkan yang tersebut lain. Namun, kejanggalan terjadi ketika beberapa jumlah smelter milik pihak tertentu dengan lahan yang digunakan tidaklah begitu luas justru menghasilkan kembali produk-produk timah tambahan berbagai dibandingkan dengan konsesi.

Dalam konteks ini, Arya mengumumkan bahwa berbagai komoditas timah yang digunakan dimiliki PT Timah diambil oleh pihak-pihak tertentu.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button