Kesehatan

Saksi lalu Petugas KPPS Rentan Sakit Kepala Hingga Stres, Hal ini Pola Makan untuk Mencegahnya

Quantavillage.com – Petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) lalu saksi pemilihan 2024 rentan mengalami sakit kepala lantaran stres tinggi pada waktu menjalankan tugasnya di dalam TPS (Tempat Pemungutan Suara). Gimana cara antisipasinya?

Dokter Spesialis Gizi, dr. Tirta Prawita Sari, MSc,SpGK di keterangannya, Rabu (14/2/2024) mengungkapkan pada waktu bertugas di area TPS, anggota KPPS maupun saksi aktivitas yang dilaksanakan mayoritas akan duduk  kemudian berdiri yang dimaksud sedikit.

Ini akibat pekerjaan petugas KPPS kemudian saksi seputar pencatatan, verifikasi, pendampingan, pengawasan, rekapitulasi, hingga kegiatan administratif lainnya.

“Kondisi ini membutuhkan konsentrasi tinggi pada waktu rekapitulasi, sebab membutuhkan waktu yang dimaksud lama,” kata dr. Tirta.

Ilustrasi petugas KPPS. [kaltimtoday.co]
Ilustrasi petugas KPPS. [kaltimtoday.co]

Kegiatan inilah yang digunakan akhirnya menimbulkan aktivitas fisik jadi ringan dan juga sedang, harus berkonsentrasi tinggi dan juga durasi lama yang tersebut akhirnya menyebabkan stres tinggi juga kurangnya istirahat.

“Kondisi ini menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi lalu gangguan metabolik, hipertensi, kenaikan kadar gula darah pada petugas khususnya yang tersebut mempunyai diabetes mellitus melitus (DM) tipe 2, hingga kondisi sakit kepala,” kata dr. Tirta lagi.

Sehingga untuk mengurangi ini, ada berbagai langkah yang dimaksud mampu di tempat antaranya dengan pola makan petugas KPPS sebagai berikut:

1. Porsi makan petugas KPPS

Meski minim aktivitas fisik, sebaiknya makanan yang mana dikonsumsi harus memenuhi 2000 kalori, yang mencakup karbohidrat 6 porsi, protein 7 porsi, minyak maksimal 2 sendok makan, sayuran 3 porsi, lalu buah 2 porsi.

2. Sesuaikan aktivitas fisik

Lantaran aktivitas fisik yang tersebut ringan maka setidaknya membutuhkan tambahan vitamin B1 atau vitamin B kompleks untuk metabolisme energi bekerja maksimal.

Selain itu, perlu juga ditambahkan makanan yang dimaksud dapat memenuhi kalori 2000 hingga 2200, lalu jumlah keseluruhan protein 60 hingga 65 gram, yang tersebut bila dirinci pada presentasi berarti karbohidrat 55%, protein 15%, serta lemak 30%.

3. Untuk cegah stres tinggi

Makanan dengan komposisi omega 3 tinggi, sayur buah kaya antioksidan, makanan tinggi vitamin E serta A juga zinc lalu vitamin D untuk kekebalan tubuh.

4. Cegah dehidrasi kemudian gangguan metabolik

Cukup minum, minimal 2 liter per hari, semakin tinggi berat badan semakin berbagai cairan yang digunakan diperlukan, air putih lebih lanjut baik.

Cukup serat, pilih karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Batasi makanan atau minuman manis, kurangi gorengan juga makanan bergaram tinggi. 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button