Lifestyle

Sosok Djaja Suparman, Mantan Suami Connie Bakrie di tempat Pusaran Korupsi

Quantavillage.com – Siapa Djaja Suparman? Djaja Suparman merupakan mantan suami Connie Bakrie terperiksa korupsi yang tersebut dijerat hukuman penjara empat tahun di sidang di area Pengadilan Militer Tinggi III pada Kamis (26/9/2023) di dalam Surabaya, Sidoarjo, Jawa Timur.

Djaja Suparman ini dijerat di persoalan hukum korupsi sebesar Mata Uang Rupiah 13,3 miliar. Djadja Suparman dieksekusi di tempat Lapas Sukamiskin. Nah bagi yang mana ingin mengenal lebih lanjut dekat siapa Djaja Suparman, simak berikut ini profil mantan suami Connie Bakrie dituduh korupsi.

Profil Djaja Suparman

Djaja Suparman merupakan seseorang purnawirawan perwira tinggi TNI-AD yang tersebut lahir pada  11 Desember 1949. Djaja pernah menikah dengan Connie Bakrie, namun kemudian bercerai pada tahun 2014. Mereka miliki 3 orang anak.

Djaja pernah menjabat Panglima Komando Cadangan Krusial Angkatan Darat (1999-2000). Selain itu, Djaja juga pernah menjabat sebagai Panglima Kodam Jayakarta pada 1998 hingga 1999, lalu pada tahun 1997-1998 pernah menjabat sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya.

Untuk lembaga pendidikan militernya, Djaja pernah sekolah dalam Akademi Militer pada tahun 1972. Penugasan pertamanya sebagai Komandan Peleton pada Blitar. Setelah itu, ia dipercaya jadi Komandan Yonif 507/Sikatan (Surabaya), pasukan andalan Kodam V/Brawijaya.

Ia juga dipercaya jadi Komandan Distrik Militer di tempat Probolinggo . Kemudian jadi Waasops Kasdam V lalu kemudian jadi Komandan Brigif 13/Galuh Kostrad di area Tasikmalaya. Perjalanan karienya di tempat militer terus menanjak usai jadi Komandan Resimen Taruna Akmil Magelang.

Pada akhir pertengahan 1998, Djaja dipercaya jadi komando  Pangdam Jaya untuk menggantikan Mayjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin. Lalu pada November 1999-2000, Djaja ditunjuk jadi Pangkostrad untuk menggantikan Letjen TNI Djamari Chaniago.

Setelah itu, ia menjabat jadi Komandan Sekolah Staf serta Komando TNI. Sebelum akhirnya pensiun, Djaja menjabat sebagai Irjen (Inspektur Jenderal) TNI.  Namun pada tahun 2013, Djaja terjerat tindakan hukum korupsi dan juga diadili di area Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya.

Dalam proses peradilan tersebut, Djaja divonis penjara selama  4 tahun juga denda sebesar Simbol Rupiah 30 juta. Ia terjerat perkara korupsi Rp17,6 miliar pada waktu menjabat Pangdam Brawijaya. Ia harus menyerahkan uang pengganti Rp13,3 miliar.

Adapun perkara yang dimaksud berawal tahun 1998 ketika Djaja menerima kompensasi sebesar Mata Uang Rupiah 17,6 miliar yang tersebut diberikan oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP).  Rp 4.2 miliar dari uang yang dimaksud telah digunakan untuk Kodam,  namun Mata Uang Rupiah 13,3 miliar Ia tak bisa jadi mempertanggungjawabkannya.

Demikian ulasan mengenai Siapa Djaja Suparman, mantan suami Connie Bakrie dituduh korupsi yang tersebut dijerat empat tahun penjara lalu denda. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button