Ekonomi

Sistem 4 Hari Kerja Bisa Bikin Pasar Saham Kebakaran

Quantavillage.com – Irvan Susandy, selaku Direktur Perdagangan kemudian Pengaturan Anggota Bursa di tempat Bursa Efek Indonesia (BEI)menyebut, penerapan sistem kerja empat hari di seminggu dapat melemah Angka Harga Saham Gabungan (IHSG). Hal ini disebabkan akibat belum banyak negara yang mana menerapkan sistem tersebut.

Menurutnya, apabila Indonesia libur sementara bursa lain tetap memperlihatkan buka, dan juga terjadi penurunan global pada waktu libur di dalam Indonesia, maka pada waktu bursa Indonesia buka, kemungkinan penurunan segera dapat terjadi.

Jika sistem yang dimaksud diterapkan di dalam Indonesia, Irvan menilai akan terjadi penyesuaian terkait perkembangan informasi kemudian perdagangan antara BEI dengan negara-negara lain yang tersebut masih menerapkan lima hari kerja di seminggu.

“Kalau negara lain punya lima hari kerja/ perdagangan, sementara Indonesia hanya sekali punya empat hari, akan ada waktu penyesuaian perkembangan informasi kemudian trading di tempat negara-negara besar terhadap negara kita,” ujar Irvan, diambil dari Antara.

Meski demikian, ia menegaskan, perlu kajian mendalam terlebih dahulu terkait seberapa besar dampaknya terhadap perdagangan di dalam pangsa modal Indonesia, apabila sistem empat hari kerja di sepekan itu diterapkan.

“Kalau dampaknya terhadap trading harus dikaji dulu, biar bisa saja ketahuan seberapa besar pengaruhnya,” ujar Irvan.

Sebelumnya, Yayasan Lembaga Pelanggan Indonesia (YLKI) mengusulkan kepada pemerintah untuk menerapkan sistem kerja empat hari di tujuh hari atau sepekan, seperti yang diadakan oleh Jerman.

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan penerapan sistem yang dimaksud sebagai upaya untuk menyebabkan tenaga kerja di tempat Indonesia lebih lanjut produktif lalu bahagia.

Jerman telah terjadi memulai percobaan masa kerja empat hari pada seminggu untuk 45 perusahaan. Dalam percobaan ini, upah para pekerja tetap saja tiada berubah meskipun jumlah agregat hari kerja berkurang.

Beberapa perusahaan di tempat berbagai negara, termasuk Belgia, Belanda, Denmark, Australia, dan juga Negeri Sakura dari Asia, juga telah lama mulai menerapkan sistem kerja empat hari di seminggu.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button