Ekonomi

Profil Kathleen Quirk, ketua eksekutif Freeport yang tersebut Baru dengan Karir Mentereng

Quantavillage.com – Organisasi pertambangan global, Freeport – McMoran Inc baru semata menunjuk pimpinan baru, Kathleen Quirk. Profil Quirk pun secara langsung disorot di area berada dalam minimnya kiprah perempuan dalam lapangan usaha minyak dan juga gas. 

Melansir website resmi Freeport – McMoran, Kathleen L. Quirk adalah Presiden dan juga anggota Dewan Direksi Freeport-McMoRan Inc (Freeport). Efektif terpilih pada rapat umum pemegang saham tahunan pada 11 Juni 2024, Quirk akan menjadi Presiden kemudian Chief Executive Officer lalu akan memikul tanggung jawab penuh untuk manajemen eksekutif kegiatan bisnis bertanggung jawab segera untuk Dewan Direksi Freeport.

Quirk mulai bergabung dengan Freeport pada tahun 1989. Dia menempati banyak sikap krusial dalam perushaan antara lain di area bidang pajak, hubungan investor, pengembangan perusahaan, kemudian keuangan. Quirck kemudian diangkat sebagai Chief Financial Officer pada tahun 2003. 

Selama periode itu ia dinobatkan sebagai CFO terbaik dalam bidang logam serta pertambangan oleh majalah Institutional Pihak yang Berinvestasi pada berbagai kesempatan.

ia kemudian diangkat sebagai Presiden Freeport pada tahun 2021 juga menjadi anggota Dewan Direksi pada tahun 2023. Sebagai anggota senior pasukan eksekutif perusahaan selama tambahan dari 20 tahun, ia telah lama berperan penting di perencanaan strategis Freeport untuk mencapai tujuan perusahaan. 

Kathleen Quirk (Dok. Freeport)
Kathleen Quirk (Dok. Freeport)

Kathleen pada waktu ini menjabat di area Dewan Direksi Vulcan Materials Company. Quirk juga merupakan lulusan Louisiana State University, Amerika Serikat.

Seperti diketahui, Quirk akan menggantikan Richard Adkerson yang sebelumnya juga menjabat sebagai CEO. Richard Adkerson adalah Chairman of the Board lalu Chief Executive Officer Freeport-McMoRan Inc (Freeport).

Efektif pada rapat umum pemegang saham tahunan pada 11 Juni 2024, Adkerson akan mengalihkan tugasnya sebagai Chief Executive Officer ke Kathleen Quirk. Adkerson akan tetap saja menjadi Ketua Dewan Direksi, memperkuat transisi kepemimpinan dan juga perusahaan Freeport pada hal-hal strategis yang mana penting bagi perusahaan.

Dia lulus dari Mississippi State University dengan penghargaan B.S. di area bidang Akuntansi dengan penghargaan tertinggi juga peringkat M.B.A. Pada tahun 2010, ia menerima peringkat Doktor Kehormatan Sains dari Negara Bagian Mississippi.

Beliau juga menyelesaikan Rencana Manajemen Lanjutan dari Harvard Business School pada tahun 1988. Sebelum bergabung dengan Freeport pada tahun 1989, beliau adalah Partner lalu Managing Director di tempat Arthur Andersen & Co. di tempat mana beliau mengepalai Worldwide Oil and Gas Industry Practice. Dia sudah pernah menjadi pimpinan Freeport sejak 2003 sebelum berganti jabatan mulai tahun ini. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button