Kesehatan

Olla Ramlan Alami Penyakit Kulit Dermatitis Perioral, Apa Saja Gejalanya?

Quantavillage.com – Olla Ramlan baru hanya ditunjuk sebagai brand ambassador sebuah klinik kecantikan, Glafidsya Aesthetic Clinic. Penunjukan itu tak terlepas dari kondisi sang artis yang mengidap dermatitis perioral.

Dalam pers conference belum lama ini, Olla Ramlan membenarkan bahwa dermatitis perioral itu muncul gara-gara ia salah pakai komoditas skincare.

“Aku pernah mencoba beberapa barang tapi sebab dermis aku sensitif, jadi tidaklah cocok, makin lama ruamnya mengarah ke leher. Akhirnya aku tanya sana-sini dan juga yang cocok mirip dokter Reza Gladys (founder klinik),” jelas Olla Ramlan, di area kawasan Lebak Bulus, Ibukota Selatan pada Hari Senin (12/2/2024).

Sebagai informasi, dermatitis perioral merupakan penyakit dermis yang tersebut memunculkan iritasi kemerahan pada sekitar mulut, pada mana mampu muncul secara mendadak. Penyakit ini juga banyak disebut dermatitis bibir.

Olla Ramlan ditemui dalam Lebak Bulus, Ibukota Selatan pada Selasa (12/2/2024). [Suara.com/Rena Pangesti]
Olla Ramlan ditemui di area Lebak Bulus, DKI Jakarta Selatan pada Selasa (12/2/2024). [Suara.com/Rena Pangesti]

Faktor eksternal dari lingkungan dipercaya menjadi pemicu dermatitis perioral ini. Namun pada mayoritas kasus, penyakit epidermis ini rutin ditemukan pada orang yang memakai obat eksim atau salep kortikosteroid.

Gejalanya sendiri terkadang dapat menghilang tanpa pengobatan, namun bisa jadi juga dibutuhkan perawatan khusus.

Lantas, apa belaka gejala dermatitis perioral seperti yang diderita oleh Olla Ramlan?

Dilansir dari Hello Sehat, ruam atau kemerahan yang dimaksud tampak di area sekitar bibir menjadi gejala utama penyakit ini.

Lebih lengkapnya berikut tanda kemudian gejala dermatitis perioral yang tersebut dapat timbul.

  1. Muncul kemerahan di area area sekitar bibir.
  2. Ada bintil-bintil kecil pada sekitar bibir. Bintil itu mampu sejenis warna lapisan kulit atau berwarna kemerahan menyerupai jerawat, dengan tekstur lebih besar lunak.
  3. Ruam juga bintil-bintil berlangsung pada waktu lama yang umumnya terasa terasa perih, tapi kadang tidak ada disertai gatal.
  4. Kulit pada sekitar mulut mengering serta terkelupas.
  5. Terkadang muncul rasa terbakar.

Perlu diketahui bahwa jenis dermatitis satu ini juga bisa saja muncul pada area sekitar mata, pipi, hidung, serta alat kelamin. Jika gejala di tempat berhadapan dengan muncul, sebaiknya segera temui dokter spesialis kulit.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button