Ekonomi

Jelang Nyoblos, Jokowi Naikkan Gaji Komnas HAM 100%

Quantavillage.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meninggikan upah Ketua, Wakil Ketua juga Anggota Komnas HAM. Kenaikan upah ini mencapai 100% atau dua kali lipat dari upah sebelumnya.

Keputusan ini tertuang pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 Tahun 2024 tentang Hak Keuangan kemudian Fasilitas Bagi Ketua, Wakil Ketua, juga Anggota Komisi Nasional Hal Asasi Manusia.

“Hak keuangan bagi Ketua, Wakil Ketua, juga Anggota Komnas HAM sebagaimana dimaksud pada Pasal 2 diberikan sebagai honorarium setiap bulan,” bunyi Pasal 3 Ayat 1 aturan tersebut.

Berdasarkan Perpres tersebut, upah Ketua Komnas HAM naik 100% dari Mata Uang Rupiah 23,75 jt menjadi Simbol Rupiah 47,175 jt per bulan. Gaji Wakil Ketua Komnas HAM juga naik 100% dari Rupiah 22,5 jt menjadi Rupiah 45,175 jt per bulan.

Sementara itu, upah Anggota Komnas HAM naik 108% dari Simbol Rupiah 20,625 jt menjadi Simbol Rupiah 43,175 jt per bulan.

Selain pendapatan pokok, Pimpinan lalu Anggota Komnas HAM juga berhak berhadapan dengan tunjangan, seperti tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan keluarga, juga tunjangan lainnya yang tersebut besarannya ditetapkan oleh Presiden.

Kenaikan pendapatan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja lalu kesejahteraan Pimpinan serta Anggota Komnas HAM di menjalankan tugas dan juga tanggung jawabnya.

Dalam aturan lama, Peraturan Presiden Nomor 34 Tahun 2013 penghasilan Ketua Komnas HAM sebesar Rupiah 23.750 juta, duta ketua Rupiah 22.500 jt lalu anggota Simbol Rupiah 20.625 juta. Aturan lama yang dimaksud diteken oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu juga bukan menyebutkan adanya uang perjalanan dinas maupun pemberian jaminan sosial.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button