Nasional

Berbekal Dua Kipas Angin, Remaja Jenius Ciptakan Listrik di area Tengah Kegelapan Pemukiman Kawasan Gaza

Quantavillage.com – Di sedang kegelapan juga tragedi akibat peperangan di tempat Gaza, orang remaja bernama Hussam Al-Attar mengakibatkan secercah cahaya. Berbekal dua kipas angin bekas dan juga beberapa kabel, remaja berusia 15 tahun ini berhasil menciptakan sumber listrik sendiri untuk menerangi tenda pengungsiannya.

Kecerdikan Hussam ini membuatnya dijuluki “Newton-nya Gaza”. Ia terinspirasi dari kisah Isaac Newton yang menemukan gravitasi setelahnya tertimpa apel.

Hussam ingin mengakibatkan cahaya di tempat sedang kegelapan yang tersebut menyelimuti Daerah Gaza akibat serangan Israel.

Melansir reuters, Hussam memasang dua kipas angin dalam berhadapan dengan atap rumah, yang mana berfungsi sebagai turbin angin kecil untuk mengisi baterai.

Ia kemudian menghubungkan kipas angin ke kabel yang tersebut menjalar ke seluruh rumah, dan juga menggunakan sakelar, bola lampu, kemudian sepotong kayu lapis untuk menciptakan sistem pencahayaan khusus bagi keluarganya.

Meskipun dua percobaan pertamanya gagal, Hussam tiada menyerah. Pada percobaan ketiga, ia akhirnya berhasil menerangi tenda pengungsiannya dengan ciptaannya.

“Saya sangat senang bisa saja menciptakan ini, akibat saya meringankan penderitaan keluarga saya lalu semua orang di area di tempat ini yang digunakan menderita akibat kondisi yang kami jalani selama pertempuran ini,” kata Hussam.

Di sedang keputusasaan, Hussam masih berpegang teguh menjadi ilmuwan seperti Newton juga menciptakan penemuan yang tersebut bermanfaat bagi seluruh dunia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button