Kesehatan

5 Senjata Rahasia Petugas pemilihan 2024 untuk Tetap Seimbang lalu Bugar: Jangan Lupa Istirahat!

Quantavillage.com – pemilihan raya 2024 untuk memilih Presiden, Wakil Presiden, serta Anggota Legislatif tinggal menghitung hari. Antusiasme publik menyambut pesta demokrasi ini patut diimbangi dengan kebugaran para petugas pemilihan umum yang digunakan menjadi ujung tombak kelancaran proses pemungutan suara.

Pada pemilihan raya 2019, beberapa petugas lapangan dilaporkan jatuh sakit bahkan meninggal dunia. Tragedi ini menjadi pengingat penting untuk memprioritaskan kondisi tubuh para pahlawan demokrasi ini.

Prof. Tjandra Yoga Aditama, dokter paru yang tersebut juga Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI, membagikan 5 tips jitu untuk menjaga kebugaran para petugas pilpres 2024.

Ilustrasi pemilihan umum - pendaftaran KPPS pemilihan 2024 (Freepik)
Ilustrasi pemilihan umum – pendaftaran KPPS Pemilihan Umum 2024 (Freepik)

1. Pelajari serta Cegah Faktor Risiko

Pendekatan ilmiah dengan menganalisis faktor kesakitan juga kematian petugas dalam pemilihan raya 2019 menjadi langkah krusial. Temuan ini dapat dijadikan acuan untuk merumuskan tindakan pencegahan yang efektif.

2. Pastikan Gizi Seimbang lalu Istirahat Cukup

Menjaga pola makan bergizi seimbang kemudian istirahat yang mana cukup merupakan fondasi utama menjaga kesehatan. Di sedang kesibukan pemilu, petugas perlu disiplin di hal ini.

3. Perhatian Ekstra untuk Petugas dengan Penyakit Tertentu

Bagi petugas dengan penyakit tertentu, penting untuk selalu mengonsumsi obat rutin secara teratur.
Jangan lupa juga untuk memantau kemampuan fisik secara berkala, seperti menghadirkan tensimeter atau alat tes gula darah. Serta melakukan pemeriksaan ke dokter sebelum bertugas, teristimewa bagi yang memiliki penyakit kronis.

4. Istirahat Saat Merasa Lelah atau Sakit

Meskipun tugas pilpres penting, kebugaran adalah prioritas utama. Petugas diimbau untuk segera beristirahat apabila merasa lelah, sakit, atau penyakit kronisnya kambuh. Mintalah bantuan rekan kerja untuk menggantikan tugas sementara.

5. Pimpinan Unit Peduli Kesejahteraan Petugas

Para pimpinan unit, seperti Ketua KPPS, PPS, juga PPK, bertanggung jawab untuk menjamin kelancaran tugas tanpa mengabaikan kondisi tubuh para petugas sekaligus mengamati kinerja dan juga kemampuan fisik para petugas secara cermat.

“Amati kinerja semua petugas, juga amati keadaan kondisi tubuh mereka, itu adalah bagian dari tanggung jawab para pimpinan unit,” terangnya.

Dengan menerapkan 5 tips jitu ini, diharapkan para petugas pemilihan umum 2024 dapat menjalankan tugasnya dengan optimal kemudian kebugaran mereka itu tetap saja terjaga. Mari wujudkan pilpres yang digunakan sehat serta sukses!

Logistik pemilihan Sedang Didistribusikan dari Gudang ke TPS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pastikan logistik pemilihan umum didistribusikan dengan baik menuju tempat pemungutan pengumuman (TPS) pada hari ini atau dua hari jelang pemungutan suara.

Logistik yang didistribusikan yang disebutkan terdiri dari kotak suara, surat suara, dan juga berbagai formulir penghitungan yang mana digunakan sebagai administrasi perolehan hasil pernyataan di area TPS.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan logistik pemilihan umum sebagian masih pada proses distribusi dari gudang menuju TPS dalam kecamatan, kelurahan, kemudian desa.

“Posisinya semua telah disortir, dilipat, dibungkus, kemudian dimasukan ke di kotak suara,” kata Hasyim pada konferensi pers di area Kantor KPU, Ibukota Pusat, Hari Senin (12/2/2024).

“Sekarang ini sedang pada proses distribusi dari gudang-gudang KPU menuju kecamatan, menuju desa, kelurahan, serta menuju TPS,” tambah dia.

Untuk sikap gudang yang mana dekat jangkauannya dengan TPS, lanjut dia, akan segera didistribusikan dari gudang ke TPS, tanpa melalui kecamatan, desa, serta kelurahan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button