Teknologi

Meta Blokir Akun FB serta IG Pemimpin Iran usai Dukung kelompok Hamas

Quantavillage.com – Korporasi teknologi Meta membenarkan kalau merekan sudah pernah memblokir akun Facebook dan juga Instagram Pemimpin Agung Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Alasannya, akun yang disebutkan menggalang serangan gerakan Hamas ke negeri Israel pada 7 Oktober 2023 lalu.

Meta menegaskan kalau pemblokiran ini dilaksanakan berdasarkan kebijakan organisasi lalu individu berbahaya. Panduan itu melarang organisasi maupun individu yang melakukan kekerasan, termasuk yang dimaksud ditetapkan sebagai teroris oleh Amerika Serikat.

“Dalam upaya menjaga dari juga menghentikan dampak buruk di dalam dunia nyata, kami tidak ada mengizinkan organisasi atau individu yang menyatakan misi kekerasan atau terlibat di kekerasan untuk hadir dalam jaringan kami,” tulis Meta pada kebijakannya, disitir dari Tech Times, Hari Senin (12/2/2024).

Keputusan Meta untuk menghapus akun yang disebutkan terjadi sebagai respons terhadap Khamenei lalu akun terkait yang menyatakan dukungannya terhadap serangan organisasi Hamas ke Israel.

Langkah ini sejalan dengan upaya yang mana tambahan luas yang digunakan dilaksanakan platform digital online untuk mengatasi konten yang mana melanggar kebijakan kekerasan kemudian terorisme.

Sayang pemerintah Iran belum memberikan tanggapan perihal pemblokiran Meta pada akun pemimpinnya.

Diketahui ini bukanlah kali pertama Iran memperkuat serangan kelompok Hamas ke Israel. Sebelumnya Microsoft mengungkapkan kalau ada orang Iran terafiliasi pemerintah yang menjadi dalang serangan siber.

Perusahaan teknologi Microsoft itu mengklaim kalau tujuan hacker Iran ini diadakan demi melemah Israel, sekutu politik, hingga mitra bisnisnya.

Insiden hacker ini terjadi pada awal Desember 2023. Para peretas yang digunakan berpihak pada Iran mengganggu layanan streaming di dalam Uni Emirat Arab, Kanada, lalu Inggris.

Layanan itu kemudian diganti dengan video berita palsu yang dimaksud menampilkan pembawa berita buatan Artificial Intelligence yang mana memperlihatkan gambar-gambar warga Palestina yang mana terkena dampak operasi militer Israel.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button