Lifestyle

Menilik Lagi Perjalanan Support Politik Iwan Fals di area Pilpres 2014 dan juga 2019, Selalu Beda Sendiri?

Quantavillage.com – Iwan Fals mengambil langkah berbeda dengan beberapa orang pesohor Tanah Air yang mana sudah ada menentukan keberpihakan di tempat Pilpres 2024. Blak-blakan lewat akun X-nya, pemilik nama asli Virgiawan Liestanto ini mengaku tetap memperlihatkan menjaga netralitasnya sebagai musisi.

Tiga Rambu sebagai Manajemen Iwan Fals memberitahukan bahwa sampai pada waktu ini Iwan Fals tetap memperlihatkan memegang prinsip kenetralan sehubungan dengan pesta demokrasi Pemilihan Umum tahun 2024. Iwan Fals tidaklah terkait dengan partai urusan politik maupun pasangan calon (paslon) manapun,” tegas Iwan Fals, diambil pada Hari Minggu (11/2/2024).

Potret Iwan Fals (instagram/ @iwanflas)
Potret Iwan Fals (instagram/ @iwanfals)

Belakangan sikap Iwan Fals ini ternyata membuatnya menuai pro serta kontra. alasannya Iwan Fals sendiri dikenal sebagai salah satu musisi yang kerap menyentil isu sosial lewat karya-karyanya yang mana legendaris.

Namun apakah Iwan Fals memang benar selalu bersikap netral seperti ini di tempat setiap masa Pemilu? Berikut adalah ulasan sikap-sikap urusan politik Iwan Fals pada beberapa periode Pemilu:

1. Pilpres 2024

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada waktu dengan Iwan Fals. [Istimewa]
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika bersatu Iwan Fals. [Istimewa]

Musisi kelahiran Jakarta, 3 September 1961 itu mengambil sikap yang tersebut berbeda dengan kebanyakan musisi dan juga public figure Tanah Air yang sudah pernah menentukan merapat ke kubu mana pada Pilpres 2024.

Melalui pernyataan resmi manajemen yang dimaksud diunggahnya di area X, Iwan Fals menekankan dirinya tetap saja memertahankan netralitasnya. Iwan Fals tampaknya berupaya menjaga kerahasiaan pilihan politiknya sekalipun kerap dirumorkan condong ke pihak tertentu.

2. Pilpres 2019

Melalui akun X-nya, Iwan Fals juga beberapa kali membantah sikap politiknya yang tersebut diduga condong ke pihak tertentu di dalam Pilpres 2019.

Pada 13 Maret 2019, pelantun “Bento” itu pernah mengunggah gambar yang dimaksud mencatut dirinya serta seolah sedang memuji Presiden Joko Widodo. “Yang ini juga, sami mawon (sama saja)… aya-aya wae (ada-ada saja)…” tulis Iwan Fals.

Di tanggal yang dimaksud sama, Iwan Fals juga mengunggah foto dirinya yang mana dianggap membantu Prabowo Subianto yang digunakan progresif dengan nomor urut 02. sebabnya Iwan Fals di area foto yang dimaksud tampak berada di tempat panggung sambil memperlihatkan pose dua jari, yang mana kemudian terungkap telah dipotong sedemikian rupa.

Wah ini kelingking saya kemana nih, jangan gitu ah…” cuit Iwan Fals.

3. Pilpres 2014

Iwan Fals dalam turnamen Hammersonic 2023, Mingguan (19/3/2023). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
Iwan Fals di tempat turnamen Hammersonic 2023, Akhir Pekan (19/3/2023). [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]

Iwan Fals pernah mengecam keras perilaku salah satu pendukung paslon. alasannya pada waktu itu beredar foto Iwan Fals dengan balutan kaos putih bergambar Prabowo Subianto serta Hatta Rajasa sambil mengacungkan jari telunjuk kanannya bak nomor 1.

Iwan Fals pun menegaskan bahwa dirinya netral lalu tidak ada menyokong salah satu capres. “Wah breng*** nih foto saya banyak dipake menyokong si inilah, si itulah, nggak kreatif banget. Waduh kasihan yang dimaksud nggak tahu, disangkanya saya membantu si ini atau si itu, gimana ya,” kritik Iwan Fals.

Kala itu Iwan Fals juga pernah dituduh lebih besar berpihak ke rival Prabowo oleh sebab itu Jokowi kedapatan berkunjung ke rumahnya pada 3 April 2014. Namun Iwan Fals tetap memperlihatkan menegaskan netralitasnya sampai beberapa pekan sebelum pemungutan suara.

Kalo perihal milih wi atau wo biar saya & kotak kata-kata sajalah yang tersebut tahu. Selamat Nowela,” cuit Iwan Fals pada 24 Mei 2014, yang digunakan bertepatan juga dengan kemenangan Nowela Idol.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button