Ekonomi

Libur Panjang, Hampir 400.000 Kendaraan Tinggalkan DKI Jakarta di Dua Hari

Quantavillage.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan sebanyak 367.321 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek selama periode Libur Panjang Isra Miraj lalu Tahun Baru Imlek 2024 pada tanggal 7-8 Februari 2024.

Menurut Lisye Octaviana, selaku Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, hitungan yang dimaksud mencakup total arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (menuju arah Merak), GT Ciawi (menuju arah Puncak), GT Cikampek Utama (menuju arah Trans Jawa), kemudian GT Kalihurip Utama (menuju arah Bandung).

Lebih lanjut, beliau menambahkan bahwa jumlah agregat total jumlah lalu lintas yang dimaksud meninggalkan wilayah Jabotabek ini mengalami peningkatan sebesar 37,11 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal sebanyak 267.899 kendaraan.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 187.150 kendaraan (50,95 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa juga Bandung), 96.909 kendaraan (26,38 persen) menuju arah Barat (Merak) lalu 83.262 kendaraan (22,67 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan total 96.478 kendaraan, meningkat sebesar 84,25 persen dari lalin normal.

Sedangkan Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah total 90.672 kendaraan, meningkat sebesar 59,74 persen dari lalin normal.

Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa lalu Bandung melalui kedua GT yang disebutkan adalah sebanyak 187.150 kendaraan, meningkat sebesar 71,50 persen dari lalin normal.

Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 96.909 kendaraan, meningkat sebesar 4,42 persen dari lalin normal.

Sementara itu, total kendaraan yang tersebut meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 83.262 kendaraan, meningkat sebesar 26,22 persen dari lalin normal.

Dalam mengantisipasi lonjakan jumlah lalu lintas, Jasa Marga berjanji menggalang pelaksanaan implementasi SK Bersama (SKB) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kakorlantas Polri juga Direktur Jenderal Bina Marga untuk menjamin keselamatan, keamanan, ketertiban, kemudian kelancaran lalu lintas juga angkutan jalan serta penyeberangan, dan juga mengoptimalkan pemakaian serta pergerakan lalu lintas pada ruas jalan tol selama libur panjang.

“Kami siap mengupayakan pembatasan operasional angkutan barang yang mana telah terjadi diberlakukan mulai hari Rabu, 7 Februari 2024 pukul 16.00 waktu setempat sampai dengan hari Minggu, 11 Februari 2024 pukul 24.00 waktu setempat di tempat banyak ruas jalan tol Jasa Marga Group. Jasa Marga juga terus-menerus berkoordinasi dengan Kepolisian untuk penerapan rekayasa lalu lintas lawan arus (contraflow) yang dimaksud waktu pemberlakuan berdasarkan pertimbangan dari Kepolisian didasarkan pada kondisi lalu lintas pada masing-masing ruas jalan nasional.

Dalam rangka menjamin keselamatan, keamanan, ketertiban dan juga kelancaran lalu lintas maka kami juga mengimbau untuk seluruh pengguna jalan agar menaati peraturan yang dimaksud ada,” ujar Lisye, seperti yang dimaksud disitir dari Antara pada Hari Jumat (9/2/2024).

Jasa Marga turut mengimbau terhadap pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan periode libur panjang Isra Miraj kemudian Tahun Baru Imlek 2024 dengan baik.

Sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara pada keadaan prima, masih mematuhi protokol kondisi tubuh (menggunakan masker) pada waktu berada pada rest area, menjamin kecukupan BBM, serta jumlah uang elektronik dan juga mematuhi rambu-rambu juga arahan petugas di area lapangan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button