Otomotif

Cara Merawat Motor Metik, Jangan Sekadar Ganti Oli Mesin!

Quantavillage.com – Merawat motor metik ternyata tak hanya saja berkaitan dengan rutin mengganti oli pelumas. Lebih dari itu, ada beberapa hal yang mampu menjaga performa kendaraan metik yang dimaksud masih prima ketika digunakan.

“Ganti oli secara rutin merupakan salah satu perawatan untuk mesin kendaraan. Namun, untuk menjaga performa mesin, perlu ada ritual tambahan agar kinerja mesin tetap memperlihatkan terjaga,” kata Manager Promosi PT Autochem Industry, Dhany Ekasaputra, Hari Jumat (9/2/2024).

Perawatan mesin motor metik tergolong tidaklah mudah. Karenanya, perawatan ekstra harus diadakan oleh para pengguna atau pemilik motor metik di area Indonesia yang mana mempunyai cuaca cukup panas dan juga kerja mesin yang tersebut cukup berat akibat kondisi jalan yang berbeda-berbeda.

Frekuensi penggantian oli mesin tentu berdasarkan rutinitas jarak tempuh kemudian kondisi lalu lintas. Jika jarak tempuh per hari sekitar 20-50 km, tentu waktu penggantian oli mesin dapat dijalankan setiap satu setengah hingga dua bulan sekali.

Apalagi, jikalau motor yang belum dilengkapi dengan layanan oil trip, tentu satuan waktu menjadi tambahan mudah untuk diingat.

Namun terkadang, pemilik motor masih lalai di mengganti oli mesin sehingga berdampak pada tumpukan residu di tempat komponen pada mesin. Aditif juga base oil pada pelumas mesin yang dimaksud telah lama terlewati masa pakainya menjadi penyulut hadirnya residu tersebut.

“Untuk itulah diperlukan ritual tambahan agar residu bukan menumpuk dalam pada mesin. Pengaplikasian engine flush setiap 2–3 kali penggantian oli mesin menjadi solusi terbaik,” terang Dhany.

Dia menuturkan bahwa pemakaian enginge flush harus diadakan secara teratur oleh para pemilik motor metik. Engine Flush dari PT Autochem Industry digunakan pada ketika sebelum mengganti pelumas mesin. Pemanfaatan ini juga tak bisa jadi sembarangan.

Para pemilik motor metik yang digunakan hendak melakukan penggantian pelumas, disarankan untuk menggunakan engine flush ini 15 menit sebelum melalukan kegiatan penggantian pelumas mesin.

Hal yang disebutkan diadakan guna mengurangi terjadinya baret pada dinding silinder yang tersebut akan lebih lanjut mudah terjadi dikarenakan tak terlindungi oleh pelumas mesin.

Setelah proses “kuras oli”, komponen internal mesin dapat juga diberikan treatment untuk meningkatkan performa mesin dengan mereduksi ketegangan antar komponen.

Memang pada pelumas mesin, sudah dilindungi dengan lapisan film, namun dengan MASTER Metal Treatment, logam antar komponen bergerak dibuat lebih lanjut licin lagi dengan Nano Ceramic Technology.
Setelah “jeroan” mesin dibersihkan, terdapat hasil Master Petrol Injector Cleaner yang digunakan berguna untuk membersihkan seluruh sistem material bakar kendaraan mulai dari tangki, pompa, pipa maupun selang, hingga injektor ataupun karburator juga ruang bakar.

Tujuannya agar dapat memulihkan performa kendaraan, memperbaiki konsumsi substansi bakar, lalu membantu menghilangkan komposisi air pada tangki materi bakar.

“Paket ini kami menyebutnya “Liquid Tune-Up”, lantaran berbentuk cairan dimana fungsi MASTER Oil System Cleaner serta Petrol Injector sebagai pengembali performa mesin seperti kondisi baru. Sedangkan MASTER Metal Treatment berperan sebagai peningkat performa mesin yang digunakan berimbas pada akselerasi yang mana lebih tinggi baik dan juga cenderung tambahan irit BBM,” katanya. (Antara)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button