Otomotif

Tetap Aman Saat Berkendara Motor dalam Musim Hujan, Perhatikan 4 Hal Hal ini

Quantavillage.com – Ketika menghadapi musim hujan, pemotor tentunya perlu persiapan ekstra agar masih aman ketika berkendara. Jika tidak, bisa-bisa pemotor akan celaka di area jalan.

Memang ketika hujan deras datang, pemotor disarankan untuk tidak ada berkendara. Tetapi bagi beberapa profesi seperti ojol, hal ini tentunya tiada dapat dilakukan.

Oleh sebab itu, ada beberapa tips aman yang tersebut mampu dilaksanakan pemotor ketika menghadapi musim hujan. Berikut beberapa tips yang mampu diadakan pemotor seperti yang digunakan dibagikan oleh Astra Motor Yogyakarta.

  • Siapkan perlengkapan yang tersebut aman kemudian lengkap

Banyak pengendara yang mana banyak mengabaikan pentingnya perlengkapan berkendara, khususnya ketika hujan. Pemakaian sandal atau bahkan berkendara tanpa alas kaki dapat menjadi risiko.

Disarankan untuk menggunakan cover sepatu hujan agar tetap memperlihatkan bisa saja menggunakan sepatu pada kondisi hujan.

Selain itu, disarankan pengendara menggunakan jas hujan dengan model baju lalu celana berwarna cerah. Pemanfaatan visor helm dengan kaca bening juga direkomendasikan untuk meningkatkan visibilitas pada waktu berkendara pada hujan lebat.

  • Hindari Tempat yang berbahaya

Hujan lebat dapat meningkatkan risiko pohon tumbang akibat angin kencang. Oleh lantaran itu, hindari berhenti atau melintasi wilayah yang tersebut sejumlah pepohonan. Pengendara yang digunakan harus melanjutkan perjalanan sebaiknya memilih rute jalan yang dimaksud minim pepohonan pada sekitarnya.

  • Atur kecepatan Berkendara

Kecepatan rendah menjadi kunci ketika hujan deras atau badai. Kondisi jalan yang tersebut licin kemudian angin kencang dapat mengganggu keseimbangan berkendara. Oleh dikarenakan itu, disarankan untuk menggunakan kecepatan rendah agar lebih besar mudah mengendalikan kendaraan.

  • Perhatikan Jarak aman dengan pengendara lain

Jarak aman berkendara perlu diperhatikan dengan tambahan serius pada waktu hujan deras. Dalam kondisi cuaca normal, jarak berkendara sekitar 3-5 meter pada kecepatan 30 km/jam telah cukup. Namun, pada waktu hujan deras, disarankan untuk menambah jarak menjadi 8-9 meter. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi prospek bahaya yang dimaksud mungkin saja muncul tiba-tiba.

“Dalam kondisi cuaca yang mana tiada menentu, pengendara direkomendasikan untuk mempersiapkan diri dengan lebih banyak baik. Pastikan selalu cari aman agar kita terus-menerus selamat sampai tujuan. Bahkan pada waktu berkendara di kondisi hujan lebat sekalipun.” pungkas Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button