Ekonomi

Profil PT Rakabu Sejahtera, Perusahaan Meubel Milik Keluarga Jokowi

Quantavillage.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi terang – terangan mengumumkan dirinya sebagai presiden boleh berpihak pada pemilihan 2024 asalkan tidaklah menggunakan infrastruktur negara. Jokowi jelas berpihak terhadap Prabowo – Gibran.

Profil PT Rakabu Sejahtera, perusahaan furniture milik Jokowi pun disorot lantaran pabrik ini menjadi sumber kekayaan pribadi presiden. Pabrik ini berlokasi di area Kecamatan Kalijambe, Daerah Sragen, Jawa Tengah. 

Melansir Linkedin, PT Rakabu Sejahtera mengekspor furniture perkayuan ke beberapa orang negara di area Asia lalu Eropa. Misi perusahaan adalah terus mengembangkan item serta pangsa lingkungan ekonomi untuk kepuasan pelanggan kemudian untuk menggerakkan kredibilitas klien.

Beberapa produk-produk yang dimaksud dihasilkan PT Rakabu Sejahtera adalah meubel kayu dan juga interior rumahan. Pabrik ini mempekerjakan sekitar 500 karyawan. 

Ditulis pada Digilib UNS, PT Rakabu Sejahtera juga mengakomodasi Rakabu Furniture. Perusahaan ini bergerak dalam bidang produksi kayu olahan.

Joko Widodo mendirikannya pada 21 Februari 1988. Di awal berdirinya, Rakabu Furniture belaka memiliki tujuh karyawan. Sementara aset yang tersebut dimiliki cuma dua unit mesin pemotong, tiga unit pembelah kayu, tiga unit mesin borbulat, juga dua unit borkontak.

Pengembangan perniagaan dilaksanakan dengan memproduksi beragam jenis meubel dan juga membeli dari pengrajin sekitar untuk kemudian dijual kembali. 

Perusahaan pun tak segera melakukan ekspor. Pemasaran awal tersebar di area lingkungan ekonomi lokal seperti Solo, Semarang, juga Yogyakarta. Pasar internasional baru dibuka pada 1992. Ekspansi ekspor menjangkau wilayah Eropa seperti Spanyol, Perancis, juga Swedia. Di Asia, item – komoditas PT Rakabu Sejahtera berjaya di area Jepang, Korea, juga Taiwan. 

Saat Jokowi mencalonkan diri sebagai presiden untuk periode kedua pada 2019, PT Rakabu Sejahtera juga naik pamor. Korporasi ini sempat disinggung pada film Sexy Killers, yang juga menyorot sebagian perusahaan yang tersebut dimiliki oleh para pejabat publik.

Di tahun itu, perusahaan dipegang oleh putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Kemudian tempat komisaris sudah pernah dilimpahkan terhadap sang adik, Kaesang Pangarep.

Sebagian saham PT Rakabu Sejahtera disebut – sebut dimiliki oleh Menteri Koordinator Lingkup Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan lewat perusahaan tambang miliknya PT Toba Sejahtra.

Di samping mengeloka perusahaan sang bapak, kedua anak Jokowi ini juga membuka usaha mereka masing – masing. Saat itu, Gibran Rakabuming moncer dengan usaha martabak Markobar. Sementara Kaesang sedang merintis usahanya sendiri di tempat bidang kuliner yang ia beri nama Sang Pisang. Kedua putra Jokowi ini mengikuti jejak sang ayah sebagai pengusaha. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button