Ekonomi

Suarakan Isu Mental Health, Alam Ganjar: Bidang Kesehatan Mental Sama Kepentingan Dengan Kesejahteraan Fisik

Quantavillage.com – Isu mental health seringkali jadi persoalan yang padat pada perbincangkan di beberapa waktu terakhir dalam kalangan generasi muda.

Mengingat pentingnya isu tersebut, Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Sumatera Selatan adakan kegiatan SatSet Ngobrol Mental Health, Pertolongan Pertama Psikologis: Langkah Untuk Membantu Meredam Luka Batin Sesorang.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Psikolog Lediana Afriyanti kemudian Muhammad Zinedine Alam Ganjar sendiri mengungkapkan dirinya merupakan surviver mental health tersebut. Alam mengaku sempat memiliki gejala juga diagnosa terkait kecemasan kemudian PTSD.

Oleh sebab itu, Alam mengawasi ini sebagai sebuah isu penting yang mana harus disadari oleh sejumlah pihak.

“Ternyata kebugaran mental jadi salah satu isu yang dimaksud cukup signifikan peningkatannya sebab baik di area sosial media maupun menemukan pengalaman segera mengamati kondisi temen-temen sehingga aku anggap ini isu yang digunakan penting untuk dibicarakan dan juga masih kurang kesadaran banyak orang,” terang Alam ditulis Kamis (25/1/2024).

Sebab, persoalan selama ini, Alam menyebutkan bahwa isu mental health ini masih dianggap tabu oleh sebagian masyarakat.

Oleh akibat itu, perlu adanya normalisasi prespektif terhadap isu mental health yang dimaksud agar rakyat berani berkonsultasi apabila memiliki gejala tersebut.

“Agar mental health ini semakin merata, lintas generasi oleh sebab itu konflik yang tersebut dianggap tabu ini terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman dari masyarakat, sehingga ini perlu di dalam normalisasi apabila sudah ada mengalami beberapa gangguan segera dalam konsultasikan,” jelas Alam.

Sebab, Alam khawatir nantinya ada self diagnose serta harapannya infrastruktur kemampuan fisik mental lebih banyak mudah di dalam akses, seperti layanan puskesmas, institusi belajar atau bahkan di dalam sediakan di tempat kawasan pusat administrasi untuk lebih tinggi memudahkan warga untuk mengakses tersebut.

Selain itu Alam pun berharap ke depan akan ada inisiatif hotline kemampuan fisik mental 24/7 juga pos konseling di dalam kampus Puskesmas RS Umum lalu layanan konsul keliling secara door to door.

“Sebaiknya harus ada sih claim di item asuransi dari BPJS misal maupun swasta lantaran isu kondisi tubuh mental ketika ini sejenis pentingnya dengan kebugaran fisik,” ungkap Alam.

Dengan demikian, Alam menghadirkan segenap pihak untuk senantiasa peduli antar sesama supaya hal yang dimaksud sanggup direda dari lingkungan sekitar yang mana saling memperkuat satu sebanding lain.

“Ayo kita saling jaga satu serupa lain orang terkasih sebab sanggup jadi kita satu-satunya orang yang tersebut sangat membantu mereka itu agar isu kebugaran mental kesadarannya naik tak akan ada lagi orang yang dimaksud merasa sendiri,” pungkas Alam.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button