Otomotif

Mengenal Jenis Spare Part: Apa Bedanya Orisinil, Aftermarket dan juga KW?

Quantavillage.com – Ketika Anda memasuki bengkel atau toko spare part mobil, Anda akan disuguhkan dengan berbagai pilihan suku cadang.

Dari yang tersebut orisinil hingga yang digunakan KW, setiap jenis spare part miliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

Dalam memilih suku cadang, apakah Anda lebih besar condong ke aftermarket yang digunakan inovatif atau mengambil risiko dengan suku cadang KW yang mana lebih banyak terjangkau?

Dikutip dari situs resmi Daihatsu, begini penjabaran mutu masing-masing jenis spare part.

1. Sparepart Orisinil

Sparepart orisinil atau OEM (Original Equipment Manufacturer) merupakan pilihan utama bagi para pecinta otomotif yang dimaksud mengutamakan kualitas serta keandalan.

Suku cadang ini diproduksi segera oleh pabrikan mobil atau manufaktur, menjamin kecocokan sempurna dengan kendaraan Anda.

Meski harganya cenderung lebih banyak tinggi, pembangunan ekonomi pada suku cadang orisinil dapat menjamin performa lalu keamanan mobil Anda tetap saja optimal.

2. Aftermarket

Jika Anda termasuk penggemar modifikasi atau mencari variasi khusus untuk mobil Anda, suku cadang aftermarket bisa saja menjadi pilihan yang menarik.

Diproduksi oleh perusahaan independen, suku cadang ini menawarkan perubahan kemudian variasi desain yang tersebut mungkin saja bukan ditemukan pada suku cadang orisinil.

Meskipun lebih banyak terjangkau daripada orisinil, kualitas aftermarket dapat bervariasi. Barang jenis ini bisa saja lebih tinggi baik dari suku cadang OEM, atau bisa saja juga lebih tinggi buruk.

3. KW

Suku cadang KW (Kualitas Warung) mungkin saja menjadi opsi bagi yang ingin menghemat pengeluaran. Namun, perlu diingat bahwa KW merupakan hasil tanpa lisensi yang mungkin saja memiliki kualitas yang dimaksud diragukan.

Dengan tingkatan seperti KW 1, KW 2, juga sebagainya, Anda harus waspada terhadap risiko yang dimaksud mungkin saja timbul. Barang KW biasanya dapat ditemukan di area bengkel atau toko spare part non-resmi.

Memilih jenis suku cadang mobil bukanlah tindakan yang digunakan sepele. Pertimbangkan permintaan kemudian keinginan Anda sebagai pemilik mobil. Jika kualitas lalu kecocokan yang dimaksud tak terbantahkan menjadi prioritas, suku cadang orisinil mungkin saja menjadi pilihan terbaik.

Bagi yang mencari perubahan kemudian variasi, aftermarket dapat memberikan sentuhan unik pada kendaraan Anda.

Namun, bagi yang miliki batasan anggaran, suku cadang KW mungkin saja menjadi pilihan. Namun, masih waspada terhadap risiko yang digunakan mungkin saja muncul, seperti ketidakcocokan, ketahanan yang rendah, juga peluang kesulitan keamanan.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button