Kesehatan

Dialami Rizal Ramli, Ini adalah yang tersebut Terwujud Pada Tubuh Saat Seseorang Idap Kanker Pankreas Stadium 4

Quantavillage.com – Pakar perekonomian Rizal Ramli meninggal akibat sakit tumor ganas pankreas stadium 4. Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman itu meninggal di area Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pada Selasa (2/1/2024).

Staf Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang, mengungkapkan Rizal Ramli meninggal setelahnya hampir satu bulan menjalani perawatan di tempat RSCM.

“Satu bulan terkhir di dalam RSCM, beliau melawan sakitnya. Tuhan punya kehendak lain,” ujar Yosef terhadap Suara.com.

Rizal Ramli selama ini memang sebenarnya tidak ada diketahui sedang mengidap penyakit kanker. Sehingga kabar meninggalnya kemarin waktu malam cukup mengejutkan publik.

Penyakit neoplasma yang dimaksud diidap Rizal Ramli itu menyerang pankreas, organ dengan fungsi pencernaan juga pengaturan gula darah. Saat neoplasma masih tahap stadium awal, sel abnormal semata-mata berprogres di dalam di pankreas sendiri. Tetapi, ketika sel tumor ganas menyebar dari pankreas ke bagian lain dari tubuh, dokter mengklasifikasikannya sebagai neoplasma pankreas stadium 4.

Dikutip dari Halodoc, pasien dengan karsinoma pankreas stadium 4 sudah pernah mengalami penyebaran sel neoplasma ke bagian lain dari tubuh, seperti usus, hati, paru-paru, limfa, kemudian perut.

Berdasarkan data kemampuan fisik yang dipublikasikan oleh Pancreatic Cancer Action Network, berikut ini hal-hal yang dimaksud menandai bahwa penyakit karsinoma yang mana dialami seseorang telah masuk stadium lanjut:

  • Munculnya nyeri tak biasa yang dimaksud terjadi pada perut atau punggung
  • Penurunan berat badan yang dimaksud signifikan
  • Mengidap penyakit jaundice (kulit lalu mata menguning) dengan atau tanpa gatal
  • Kehilangan selera makan
  • Mual
  • Terdapat pembaharuan yang mana signifikan pada tinja, baik dari segi warna, intentistas, maupun tekstur
  • Mengidap diabetes
  • Kelelahan
  • Pembekuan darah

Pengobatan neoplasma pankreas stadium 4 bukan bisa saja diadakan dengan operasi pengangkatan sel. Sebagai pilihan pengobatan, perawatan untuk tumor ganas pankreas stadium lanjut merupakan kemoterapi. Dengan diadakan kemoterapi, diharapkan sel-sel neoplasma yang dimaksud telah mencapai aliran darah akan dideteksi kemudian diperlambat pertumbuhannya, sehingga membantu pasien untuk bertahan hidup lebih tinggi lama.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button