Teknologi

WhatsApp Siapkan Fitur Kirim Foto-Video Tanpa Internet, Cukup Goyang HP

Quantavillage.com – WhatsApp sedang menyiapkan layanan baru yang memungkinkan berbagi file seperti foto lalu video ke pengguna lain yang jaraknya berdekatan. Fitur ini akan diberi nama People nearby.

Fitur ini pertama kali disampaikan oleh WABetaInfo. Sesuai namanya, ciri baru WhatsApp ini bisa jadi mengirim file ke orang lain dengan ketentuan jarak mereka berdekatan.

Untuk mengirim file, pengirim lalu penerima mesti masuk ke bagian People nearby. Selanjutnya, dia tinggal mengantisipasi pemindahan file selesai.

Pengiriman file yang dimaksud juga mendapatkan enkripsi end-to-end agar tidak ada diintip orang lain, sebagaimana dilaporkan Android Central, Selasa (23/1/2024).

Tak belaka itu, WhatsApp juga merahasiakan nomor telepon pengguna ketika ingin berbagi file dengan pengguna yang tersebut tiada ada pada daftar kontak mereka.

Menariknya, pengguna cukup menggoyangkan HP merek untuk menerima file yang digunakan dikirim dari orang lain. Tapi keduanya juga harus berdekatan.

Sayang sistem transaksi baru WA ini belum memberikan informasi persoalan ukuran file yang tersebut dapat dikirim. Tidak jelas juga berapa batasan jumlah agregat file yang digunakan akan dikirim.

Fitur ini mirip seperti Quick Share yang tersebut ada dalam Android atau AirDrop yang mana dimiliki Apple. Kedua ciri ini memungkinkan pengguna mengirim file satu sejenis lain tanpa perlu memakai internet.

Tapi ada sedikit perbedaan antara Quick Share juga AirDrop. Quick Share mampu membagikan file hingga 500 kali setiap harinya, sedangkan AirDrop tak memiliki batasan.

Fitur baru ini ditemukan dalam program WhatsApp Beta untuk Android versi 2.24.2.20. Sama seperti sebelumnya, layanan ini kemungkinan akan datang tersedia ke rakyat pada update mendatang.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button