Nasional

Hoaks Rekaman Dimarahi Surya Paloh Pakai Teknologi AI, Anies Gerah: Jangan Kampanye Kebohongan!

Quantavillage.com – Capres nomor urut 1, Anies Baswedan merespons rekaman ucapan ramai yang mana bernarasikan dirinya dimarahi oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Anies menduga rekaman pengumuman yang dimaksud dibuat menggunakan artificial intelligence atau AI.

“Ya kita harus kritis aja, dikarenakan sekarang ada teknonologi artificial intelligence yang tersebut sanggup membuat, bahkan gambar audio visual tampak seperti asli,” kata Anies terhadap wartawan pada Yogyakarta, Selasa (23/1/2024).

https://www.suara.com/kotaksuara/2024/01/22/162507/viral-rekaman-suara-surya-paloh-marahi-anies-timnas-amin-sangat-jelas-hoaks

https://www.suara.com/news/2024/01/22/214439/murka-mahfud-md-disebut-ogah-bersalaman-dengan-gibran-gus-raharjo-ngamuk-ke-rudi-valinka

https://www.suara.com/news/2024/01/22/213351/ekonom-celios-respons-gibran-soal-nikel-muka-milenial-tapi-cara-pikir-kolonial

Mantan Gubernur DKI Ibukota itu mengumumkan rekaman pendapat mirip pernah ditemukan ketika masa kampanye di dalam Amerika. Ia memohonkan publik lebih besar kritis di menanggapi sebuah peristiwa.

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan ketika kampanye di dalam Yogyakarta. (istimewa)
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan ketika kampanye pada Yogyakarta. (istimewa)

“Sudah ketika kampanye Pilpres di tempat Amerika belaka waktu itu sudah ada ada jadi sekarang kita sebagai publik harus kritis. Sehingga kalau ada informasi yang datag dicek kebenarannya dan juga telah ada tempat-tempat untuk merujuk apakah ini hoaks atau bukan,” ucap Anies.

Selain itu, Anies mengingatkan tentang pentingnya berkampanye dengan baik serta tidaklah menggunakan kebohongan.

“Bagi semua yang tersebut terlibat ya gunakanlah kampanye yang digunakan baik, yang tersebut sesuai dengan prinsip jangan menggunakan pembohongan-pembohongan untuk berkampanye,” jelas Anies.

https://www.suara.com/otomotif/2024/01/22/080125/gibran-sebut-tesla-gunakan-nikel-ahok-malah-bilang-begini

https://www.suara.com/news/2023/12/18/163938/dituding-kubu-eddy-hiariej-sebar-hoax-wakil-ketua-kpk-alexander-marwata-biarin-saja

https://www.suara.com/news/2023/12/28/143457/curiga-alexander-marwata-bela-firli-bahuri-bw-tak-malu-dan-minta-maaf-koleganya-langgar-etik

Viral 

Untuk diketahui, sebuah rekaman kata-kata yang diduga Anies dimarahi Surya Paloh menyebar dalam TikTok. Rekaman pernyataan itu diunggah oleh akun TikTok bernama ANGURMERAH.

Akun yang disebutkan mengunggah rekaman pendapat yang mana seolah-olah Anies dimarahi oleh Surya Paloh dengan narasi: “Detik-detik telponan bapak ketuwa Nasdem Surya Paloh berbicara dengan bapak Anis Waswedan calon presiden 2024.”

Berikut dialog rekaman pendapat yang digunakan diduga antara Anies juga Surya Paloh:

“Saya sudah ada berupaya sekuat tenaga, pas di area debat saya juga mati-matian untuk ngambil perhatian masyarakat.”

“Ya masih aja, tapi data mu itu ngawur bilang angin nggak punya KTP segala saya yang mana malu haduh Nies,” terdengar rekaman yang dimaksud mirip pernyataan Surya Paloh.

“Itu saya berupaya kalem aja buat ngeles.”

“Kesalahan masa lalu kamu itu kebanyakan sih, saya juga merasa dibohongin nih identik Mimin, di dalam awal beliau janjiin sejumlah banget hal sampai maunya jadi ketua tapi malah zonk.”

“Pak kesalahan itu telah saya tutup tutupin kalau persoalan Cak Mimin saya juga sebenarnya capek pak.”

Ternyata Hoaks

Sebelumnya, Sekjen Partai NasDem, Hermawi Taslim mengungkap ucapan usai rekaman pernyataan yang diduga Anies dimarahi oleh Surya Paloh menyebar pada media sosial. Hermawi memverifikasi bahwa rekaman pengumuman itu hoaks.

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan ketika berkampanye di tempat Lapangan Jambidan, Bantul, DIY, Selasa (23/1/2024). [Kontributor Suarajogja.id/ Julianto]
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan pada waktu berkampanye di tempat Lapangan Jambidan, Bantul, DIY, Selasa (23/1/2024). [Kontributor Suarajogja.id/ Julianto]

“Dugaan rekaman percakapan antara Anies kemudian Pak Surya Paloh itu dipastikan hoaks,” kata Hermawi di keterangannya, Selasa.

Hermawi memverifikasi bahwa rekaman pendapat yang digunakan beredar di tempat media sosial yang dimaksud serupa sekali tiada mirip dengan pendapat Anies serta Surya Paloh.

“Suara Anies juga Pak Surya Paloh pada rekaman itu jelas tidak gaya tutur lalu intonasi keduanya,” jelas dia.

Oleh sebab itu, Hermawi menyayangkan rekaman pernyataan yang dimaksud menjadi materi untuk menjatuhkan Anies serta Surya Paloh. Baginya, rekaman ucapan yang dimaksud telah mengganggu pesta demokrasi pemilihan 2024.

Kekinian, Hermawi mengatakan Partai NasDem masih pikir-pikir untuk melaporkan hal yang dimaksud ke pihak kepolisian.

“NasDem masih mempertimbangkan menempuh jalur hukum. Kami mengingatkan masyarakat agar jangan menyebarkan hoaks sebab ada implikasi hukumnya,” tambahnya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button