Lifestyle

Ganjar Pranowo Jelaskan Rencana 1 Desa 1 Faskes 1 Nakes, Tekan Angka Stunting

Quantavillage.com – NGAWI – Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo kembali menjelaskan acara paslon Ganjar-Mahfud 1 Desa 1 Faskes 1 Nakes yang mana dapat dioptimalisasi untuk menurunkan nomor stunting.

Program itu diungkap ketika Ganjar bertemu tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok tani serta lembaga rakyat desa hutan (LMDH) di dalam Kecamatan Widodaren, Kota Ngawi, Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, individu petugas Posyandu bernama Warsini bertanya terhadap Ganjar mengenai pencegahan stunting. Secara lugas, Ganjar Capres Partai Perindo itu secara langsung menjawabnya sambil menyosialisasikan inisiatif Ganjar-Mahfud.

“Apa yang harus dijalankan jangan menikah terlalu muda, juga jangan terlalu tua. Kalau nikahnya tidaklah terlalu muda inshaAllah sehat. Nanti kalau mau nikah diperiksa suami istri,” ujar Ganjar di tempat hadapan warga, Kamis (18/1/2024).

Ganjar menyebutkan pencegahan stunting selain diadakan dengan tiada menikah dini, pasangan suami istri wajib memeriksakan kandungannya secara rutin, salah satunya ke posyandu.

Oleh sebab itu, inisiatif 1 Desa 1 Faskes 1 Nakes menjadi sangat penting untuk direalisasikan. Hal ini ditujukan agar setiap ibu hamil bisa jadi dipantau lalu didampingi secara langsung oleh tenaga kesehatan, sehingga pencegahan stunting sanggup optimal.

“Begitu menikah, begitu istri hamil maka wajib periksa. Maka kenapa setiap desa mesti ada faskes, harus ada nakes, agar periksanya mampu dibantu dari petugas posyandu,” kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga menyebutkan mengenai makanan ibu hamil yang dimaksud harus memenuhi gizi. Hal ini akan menciptakan bayi di kandungannya terpenuhi nutrisinya sehingga bisa saja miliki peningkatan yang mana baik.

“Ketika ibu hamil, gizinya diperhatikan itulah yang mana menjaga dari stunting pertama kali. Begitu bayi lahir sehat, susunya pake ASI eksklusif,” tuturnya.

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button