Lifestyle

Profil 3 Suami dan juga Mantan Suami Megawati Soekarnoputri, Bukan Orang Sembarangan

Quantavillage.com – Megawati Soekarnoputri selama ini dikenal sebagai orang nomor satu di area PDIP. Bukan belaka kiprahnya dalam dunia urusan politik yang mana menarik perhatian publik, kisah asmara putri proklamator ini juga patut untuk disimak. Sejauh ini Megawati pernah menikah tiga kali.

Profil ketiga suami Megawati pun tidak sosok yang digunakan sembarangan. Jika selama ini anda semata-mata mengenal Almarhum Taufik Kiemas sebagai sosok suami Megawati, maka anda juga perlu mengenal dua yang tersebut lain. Berikut adalah profil tiga suami Megawati lengkap dengan masing – masing kisahnya. 

1. Surindro Supjarso

Surindo Supjarso menikah dengan Megawati pada 1 Juni 1968 di dalam Ibukota Indonesia Selatan. Sosok yang mana akrab disapa Mas Pacul ini merupakan anggota TNI AU dengan pangkat Letnan Satu Penerbang.

Dari pernikahannya, Megawati dikaruniai dua orang anak, yakni Mohammad Rizki Pratama, kemudian Mohamad Prananda Prabowo. Setelah menikah keduanya kemudian tinggal pada kompleks Angkatan Udara Bebas yang tersebut ada di area Madiun, Jawa Timur.

Namun pernikahan ini ternyata tak berjalan lama, sebab ketika Megawati mengandung Prananda, kabar duka datang dari Pesawat Skyvan yang dimaksud dipiloti Mas Pacul dengan tujuh awak. Pesawat ini dilaporkan hilang di tempat perairan Biak pada 22 Januari 1971. Atas insiden ini Megawati resmi menyandang status janda pada usia 24 tahun.

2. Hassan Gamal Ahmed Hassan

Setahun setelahnya Mas Pacul dilaporkan hilang Megawati menikah untuk kedua kalinya dengan Hassan Gamal Ahmed Hassan, pribadi duta besar jika Mesir. Awalnya Hassan berkunjung pada urusan kenegaraan juga menyampaikan duka cita berhadapan dengan meninggalnya Bung Karno pada Juni 1970. 

Hassan memang sebenarnya tidak sosok asing bagi keluarga Megawati. Namun, pernikahan keduanya justru menuai beberapa orang kontroversi dikarenakan pada waktu itu Megawati masih berstatus sebagai istri Mas Pacul.

Dugaan rakyat persoalan kunjungan Hassan yang mana cukup intens ke Indonesia tidak sekadar urusan kenegaraan pun akhirnya terbukti. Kedekatan Hassan dengan keluarga Soekarno berbuah pinangan. Namun, pernikahan ini berakhir dengan perceraian. 

3. Taufik Kiemas

Kurang dari setahun pasca pernikahan keduanya, Megawati kembali mendapat pinangan. Kali ini dari Taufik Kiemas. Pernikahan terjadi pada 25 Maret 1973 di area Panti Perwira yang digunakan sekarang bernama Graha Marinir, Jalan Prapatan Ibukota Indonesia Pusat.

Dari pernikahan ini keduanya dikaruniai manusia anak, Puan Maharani Nakshatra Kusyala. Meski Rizki Pratama kemudian Prananda adalah anak dari pernikahan pertama Megawati, Taufik Kiemas pernah menyatakan bahwa keduanya tak berbeda dengan Puan, serta merupakan anak yang tersebut disayanginya. Taufik Kiemas yang mana juga mantan Ketua MPR itu meninggal dunia pada Sabtu, 8 Juni 2013 malam, pada sebuah rumah sakit di dalam Singapura lantaran penyakit jantung yang dideritanya.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

(Sumber:Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button