Lifestyle

2 Doa Buka Puasa Rajab kemudian Qadha Ramadhan Lengkap Arab, Latin, Artinya

Quantavillage.com – Umat Muslim yang menjalani puasa Rajab sekaligus puasa qadha Ramadhan dapat membaca doa membuka puasa di dalam bawah ini ketika waktu berbuka tiba.

Menjalani ibadah puasa Rajab merupakan salah satu amalan sunnah yang dianjurkan di dalam bulan Rajab. Sebab, bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang tersebut dimuliakan di Islam. Seseorang yang tersebut mengerjakan puasa Rajab akan mendapatkan berbagai keistimewaan, salah satunya keberkahan.

Umat Muslim juga dapat menggabungkan puasa Rajab sekaligus dengan puasa qadha Ramadhan. Hal ini merujuk pada Kitab Fathul Mu’in, Syekh al-Barizi mengungkapkan kendati individu muslim semata-mata melafalkan niat qadha puasa Ramadhan di dalam bulan Rajab maka secara otomatis pahala puasa Rajab juga akan didapatkannya.

Dalam kitab Al-I’lab menambahkan bahwa Syekh al-barizi mengeluarkan fatwa apabila seseorang yang mana ingin membayar puasa Ramadhan dalam hari yang tersebut dianjurkan berpuasa maka akan mendapatkan pahala kedua puasa bahkan tanpa perlu berniat puasa sunnah. Hal yang mana identik berlaku apabila puasa bertepatan dengan puasa rutin dalam hari Arafah kemudian Senin-Kamis.

Lantas, seperti apa bacaan doa mengungkap puasa Rajab juga qadha Ramadhan?

1. Doa Buka Puasa Rajab dan juga Qadha Versi Pertama

اللَّهُمَّ لَك صُمْت وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ، ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إنْ شَاءَ اللَّهُ .

Latin: Allahumma laka shumtu wabika aamantu wa ‘ala rizqika afthartu dzahabadhdhomau wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insyaa Allah.

Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman kemudian dengan rizki-Mu aku berbuka. Telah hilang rasa penatku juga basahlah tenggorokanku kemudian tetaplah pahala dicurahkan atasku, Insya Allah”.

2. Doa Buka Puasa Rajab juga Qadha Ramadhan Versi Kedua

Dalam riwayat lain disebutkan lafaz doa berbuka puasa sebagai berikut:

ذَهَبَ الظَّمأُ، وابْتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَبَتَ الأجرُ إِن شاءَ اللهُ

Latin: dzahabadhdhomau wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insyaa Allah.

Artinya: Rasa haus telah dilakukan hilang, kerongkongan telah lama basah, juga sudah tetap memperlihatkan pahala, insya Allah (HR. Abu Daud, Ad Daruquthni menyatakan sanadnya hasan, Al Hakim menyatakan sanadnya shahih menurut Syaikhain/bukhori muslim)

Itulah penjelasan mengenai doa mengungkap puasa Rajab lalu Qadha pada tulisan Arab, latin dan juga artinya.

(Sumber:Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button