Nasional

JK Beberkan Asal Muasal Lahan 340.000 Hektare Milik Prabowo Subianto

Quantavillage.com – JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI ke-10 lalu 12, Jusuf Kalla (JK) buka-bukaan mengenai selama muasal lahan 340.000 hektare milik capres nomor urut 2, Prabowo Subianto yang digunakan disinggung Anies Baswedan pada debat ketiga Pilpres 2024 di area Istora Senayan, Ibukota Indonesia pada Minggu, 7 Januari 2024 malam. Lahan yang yang dimaksud berada dalam wilayah Kalimantan Timur.

“Karena dalam debat pembicaraan di area TV juga banyak yang tersebut ungkapkan itu yang dimaksud mengungkapkan lahan yang mana dimaksud Anies di tempat Kalimantan yang dikuasai oleh Pak Prabowo, itu saya yang memberikan,” kata JK dalam kediamannya Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Ibukota Selatan pada Kamis (11/1/2024).

JK menjelaskan awal dirinya menjabat sebagai Wapres ke-10 era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Prabowo mendatanginya kemudian hendak melanjutkan perusahaan pabrik kertas milik entrepreneur Bob Hasan yang digunakan macet pada salah satu bank BUMN.

“Kira-kira 10 hari setelahnya saya menjabat itu datang Pak Prabowo menemui saya pada kantor, oleh sebab itu saya sudah ada kenal lama baik, teman baik lah. Saya bilang silakan duduk Pak Jenderal. Ada apa ini saya bilang?. Dia ingin untuk melanjutkan bisnis, ingin membeli PT. Kiani Kertas, pabrik kertas di tempat Kalimantan itu milik Bob Hasan yang tersebut macet pada bank,” ujarnya.

Selanjutnya, JK menelpon Direktur Utama Bank BUMN kala itu menanyakan terkait pabrik kertas yang dimaksud macet. JK mengatakan lahan pabrik kertas hendak dijual seharga beratus-ratus jt dollar.


“Dia bilang sekarang kita mau jual 150 jt dollar, serta telah ada peminatnya dari Singapura telah mau beli. Saya bilang jangan jual ke Singapura lebih banyak baik dibeli oleh entrepreneur nasional jangan ke asing. Saya pegang setiap saat prinsip gitu. Boleh Pak jika cash tidak ada boleh restrukturisasi pinjaman lagi dipinjamkan lagi harus cash. Jadi di area depan saya, masih ada Pak Prabowo saya ungkapkan ini boleh tapi cash 150 jt dollar. Mau gak? Mau,” ucap JK.

“Jadi sekarang saya bilang setelahnya ini anda pergi ke Mandiri ketemu Pak Agus, ketemulah. Deal, saya dengar beberapa waktu kemudian maka beliau bayar kemudian itu kemudian jadi milik Pak Prabowo pabrik itu,” tambahnya.

JK mengumumkan pabrik kertas membutuhkan perluasan lahan untuk menjadi hutan industri. JK mengungkap lahan yang mana dimaksud berada dalam Penajam, Kalimantan Timur seluas kurang lebih lanjut 200.000 hektare.

“Rupanya oleh sebab itu ini pabrik kertas maka punya lahan luas untuk menjadi hutan industri. Jadi hutan lapangan usaha untuk menyumbangkan pohon untuk komponen baku pabrik kertas itulah luasnya di dalam Penajam itu lebih tinggi 200.000. Saya tiada tahu anunya (HGU atau bukan), tapi biasanya pengelolaan. Itulah kenapa Pak Prabowo punya lahan seperti yang digunakan saya baca,” ungkapnya.

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button