Kesehatan

Jangan Anggap Sepele! Begini Cara Mencegah Flu dan juga Penularannya

Quantavillage.com – JAKARTA – Banyak yang mana penasaran bagaimana cara menjaga dari flu di tempat berada dalam musim hujan? Terlebih, musim hujan yang mana terjadi belakangan ini kerap disertai angin kencang serta kelembaban yang tersebut tinggi.

Gejala flu ditandai dengan bersin berulang kali. Selain itu, ada pembaharuan suhu tubuh dan juga tersumbatnya saluran pernapasan. Selain itu, badan akan terasa pegal-pegal, khususnya pada bagian sendi. Tanda lain bisa saja berbentuk sakit tenggorokan, batuk hingga badan terasa menggigil.

Lantas, bagaimana cara menghindari flu juga penularannya? Simak penjelasan berikut ini!

1. Rutin Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir dapat membasmi kuman pemicu penyakit, termasuk virus flu yang mana menempel dalam tangan. Anda disarankan mencuci tangan, khususnya sebelum mengonsumsi atau mengolah makanan serta setelahnya buang air besar atau buang air kecil.

Bila tiada menemukan air, Anda bisa jadi mencuci tangan dengan hand sanitizer. Dengan menggunakan hand sanitizer, tangan jadi lebih besar bersih juga aman bila memegang makanan atau minuman.

2. Konsumsi Vitamin kemudian Suplemen

Mengonsumsi vitamin, khususnya vitamin C, akan meningkatkan kekuatan kekebalan tubuh. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc, salah satu elemen yang tersebut dibutuhkan oleh tubuh agar sistem kekebalan berfungsi dengan baik.

3. Perbanyak Minum Air

Saat gejala flu muncul penting untuk segera minum lebih banyak berbagai air atau jus untuk menghindari gejala dehidrasi seperti sakit tenggorokan lalu hidung tersumbat. Tidak hanya saja dengan minum, Anda bisa saja konsumsi sup ayam atau sayur bayam untuk memenuhi keinginan cairan.

4. Berkumur dengan Air Garam

Cara alami untuk mengatasi gatal di dalam tenggorokan adalah konsumsi segelas air hangat yang ditambahkan setengah sendok teh garam dapur. Hal ini lantaran garam mampu menarik meninggalkan kelebihan air di jaringan tenggorokan, mengempiskan peradangan, juga membersihkan lendir juga meringankan iritasi dalam tenggorokan.

5. Semprot Hidung yang dimaksud Tersumbat

Saat gejala flu baru muncul, maka Anda harus menjamin hidung bersih kemudian tidak ada mampet. Semprot hidung yang mengandung saline mampu Anda gunakan sehingga gejala tiada berprogres semakin parah.

6. Istirahat yang dimaksud Cukup

Faktanya, tubuh tidaklah mampu melawan virus dengan lebih tinggi baik apabila tubuh tak mendapatkan istirahat yang digunakan cukup. Setelah gejala muncul, sebaiknya segera beristirahat. Agar semakin nyenyak, Anda dapat terlebih dulu mandi dengan air hangat guna meningkatkan kualitas tidur.

7. Penuhi Kebutuhan Gizi

Pola makan sehat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karenanya, penuhi keperluan gizi yang mencakup protein seperti daging tanpa lemak, ikan, atau kacang-kacangan, gandum, beras merah, juga sayuran berwarna yang kaya antioksidan.

8. Konsumsi Obat

Untuk melawan rasa sakit, Anda bisa saja mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen selama dua jam ke depan. Anda juga bisa jadi konsumsi obat-obatan alergi seperti zyrtec juga benadryl, yang mana dapat membantu meredakan gejala seperti hidung meler atau mata berair. Sementara untuk membersihkan sinus, Anda dapat menggunakan obat yang tersebut mengandung dekongestan.

9. Lakukan Latihan Fisik Ringan

Istirahat memang benar disarankan. Namun, ketika gejala awal flu muncul, Anda juga bisa jadi melakukan sedikit latihan fisik ringan guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Flu dapat dengan mudah menyebar melalui bersin serta batuk. Agar tidak ada menulari keluarga, teman, serta orang lain, pastikan untuk setiap saat mencuci tangan dan juga menggunakan masker ketika bepergian.

Itulah sembilan cara menghindari flu serta penularannya. Dapatkan barang kebugaran lengkap pada AladinMall. Nikmati sarana Gratis Ongkir tanpa batas juga promo belanja hemat lainnya dengan men-download program AladinMall di dalam Play Store dan juga App Store. Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips juga review barang kebutuhanmu.

Hari ini, pukul 17.30 Waktu Indonesia Barat ada tarif spesial live AladinMall dalam program RCTI+. Yuk, join serta belanja sepuasnya di area jeda iklan!

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button