Kesehatan

9 Ciri Kista Ovarium pada Wanita yang mana Bisa Jadi Tanda Tantangan Aspek Kesehatan Serius

Quantavillage.com – JAKARTA – Tanda kista ovarium pada wanita terdiri dari beberapa tanda yang tersebut harus diwaspadai. Kista ovarium adalah kantung, biasanya berisi cairan, dalam di ovarium atau di dalam permukaannya.

Wanita miliki dua ovarium, yang dimaksud mana satu ovarium terletak di tempat setiap sisi rahim. Setiap ovarium berukuran lalu berbentuk almond. Kista ovarium kerap terjadi dan juga seringkali penderitanya semata-mata merasakan sedikit atau tak ada rasa bukan nyaman.

Di sisi lain, kista bukan berbahaya. Kebanyakan kista hilang tanpa perawatan di beberapa bulan. Namun terkadang kista sanggup pecah kemudian menyebabkan gejala yang tersebut serius.

Gejala Kista Ovarium pada Wanita

Berikut gejala kista ovarium pada wanita dilansir dari Mayo Clinic, Awal Minggu (1/1/2024).

Kebanyakan kista ovarium berukuran kecil serta tak menyebabkan hambatan apa pun. Kista lebih lanjut rutin memunculkan keluhan ketika ukurannya semakin besar juga umumnya penderita akan mengalami beberapa gejala.

1. Nyeri panggul yang dimaksud datang kemudian pergi.
2. Merasakan nyeri tumpul atau nyeri tajam dalam area bawah pusar dalam satu sisi.
3. Rasa penuh, tertekan atau berat di dalam perut (abdomen).
4. Kembung atau merasa kenyang.
5. Mual.
6. Bengkak di dalam wilayah perut Anda.
7. Nyeri pada waktu berhubungan seks.
8. Nyeri selama menstruasi.
9. Sering ingin buang air kecil atau besar.

Anda perlu menemui dokter jikalau kista membesar, mengakibatkan gejala, atau pecah. Kista bisa jadi pecah juga Anda akan merasakan sakit ketika ini terjadi, tetapi mungkin saja juga tidak.

Anda juga mampu merasakan tiada beberapa hari setelahnya kista pecah. Dilansir dari Webmd, terkadang ketika kista ovarium pecah, Anda akan mengeluarkan cairan yang tersebut terlihat seperti bercak vagina atau pendarahan.

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button