Kesehatan

7 Ciri Kekurangan Vitamin D yang mana Sering Diabaikan

Quantavillage.com – JAKARTA – Ciri kekurangan vitamin D kerap diabaikan dikarenakan ketidaktahuan sehingga berdampak pada kesehatan. Padahal, vitamin jenis ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dari menjaga kekuatan tulang hingga menyokong sistem kekebalan tubuh, vitamin D atau vitamin sinar matahari berperan penting di tubuh manusia. Meskipun penting, banyak orang di tempat seluruh dunia mengalami kekurangan vitamin D, yang tersebut dapat menyebabkan permasalahan kesehatan.

Berikut gejala kekurangan vitamin D yang mana kerap diabaikan dilansir dari Times of India, Hari Jumat (5/1/2024).

Gejala Kekurangan Vitamin D yang mana Sering Diabaikan

1. Luka Lambat Sembuh

Kekurangan vitamin D dapat memperlambat penyembuhan luka sebab peran pentingnya di sistem kekebalan lalu perbaikan jaringan. Vitamin ini penting untuk mengupayakan peningkatan serta pembelahan sel, elemen penting pada proses penyembuhan.

Kadar vitamin D yang tiada mencukupi dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi kemudian memunculkan jaringan baru yang tersebut sehat, sehingga memperlambat penyembuhan luka.

2. Lelah juga Lemas

Salah satu tanda awal kekurangan vitamin D adalah lelah dan juga lemas yang tersebut terus-menerus. Kekurangan vitamin D sudah pernah dikaitkan dengan kelelahan akibat perannya yang digunakan penting pada metabolisme energi. Kadar yang bukan mencukupi dapat menyebabkan perasaan lelah juga lemas.

Vitamin D mengatur sintesis adenosin trifosfat (ATP), mata uang energi utama sel. Produksi ATP yang digunakan bukan memadai dapat menyebabkan kelelahan yang dimaksud terus-menerus. Selain itu, vitamin D membantu fungsi otot, serta kekurangannya dapat menyebabkan kelemahan otot, yang dimaksud selanjutnya menyebabkan kelelahan.

3. Sering Sakit juga Terkena Infeksi

Vitamin D memainkan peran penting di memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika Anda rutin jatuh sakit atau mengalami pemulihan yang berkepanjangan dari infeksi, itu merupakan gejala kekurangan kadar vitamin D.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button