Kesehatan

Apakah Mycoplasma Pneumoniae Menular? Harap Waspada Sudah Ada Kasusnya pada Indonesia

Quantavillage.com – Usai perkara pertama Mycoplasma Pneumoniae di area Indonesia sudah ada dikonfirmasi, cukup banyak warga yang dimaksud mempertanyakan apakah wabah dari bakteri ini mampu menular?

Baru-baru ini, Tiongkok Utara memang benar melaporkan penemuan wabah baru yang kemudian diketahui bernama Mycoplasma Pneumoniae. Penemuan ini tidak ada berselang lama sejak wilayah yang dimaksud semakin melonggarkan aturan tentang Covid.

Apakah Mycoplasma Pneumoniae menular?

Maxi Rein Rondonuwu selaku Direktur Jenderal Pencegahan dan juga Pengendalian Penyakit menyebutkan bahwa Mycoplasma Pneumonia merupakan penyakit yang tersebut sanggup dengan mudah menular.

“Dari enam persoalan hukum ini, kami lakukan penelusuran. Meski kejadiannya sudah ada lewat, tentu penyelidikan epidemiologi tetap memperlihatkan jalan untuk menggali informasi teristimewa di tempat lingkungan sekolah lalu tempat tinggal. Karena penularannya lewat droplet jadi lebih besar cepat menular,” ujar Dirjen Maxi.

Enam persoalan hukum yang dimaksud dimaksud adalah perkara yang mana telah lama ditemukan di tempat Indonesia. Dari enam orang yang dimaksud terkonfirmasi Mycoplasma Pneumoniae, lima pada antaranya sempat dirawat di area RS Medistra, sementara satu orang berada di dalam RS JWCC, Jakarta.

Dari lima pasien tersebut, dua pasien dalam RS Medistra sempat menjalani rawat ini selama tanggal 12–25 Oktober, sementara tiga lainnya cukup menjalani rawat jalan dalam bulan tersebut.

Sementara itu, satu orang pada RS JWCC juga sempat menjalani rawat inap. Untuk pada waktu ini, semua pasien telah terjadi dinyatakan sembuh.

Dirjen Maxi juga menyampaikan bahwa semua pasien yang dimaksud terinfeksi Mycoplasma Pneumonia dalam Indonesia adalah anak-anak berusia 3–12 tahun.

Gejala yang dimaksud dirasakan pasien yang disebutkan adalah panas lalu batuk, sesak ringan, hingga kesulitan menelan.

Imbauan pemerintah

Meski semua pasien sekarang telah sehat juga bisa saja beraktivitas seperti biasa, pihak pemerintah masih minta penduduk tetap saja waspada. Dirjen Maxi meminta-minta warga disiplin menerapkan protokol kesehatan, teristimewa pakai masker ketika sakit atau berada di tempat kerumunan.

Tak hanya sekali itu, Dirjen Max juga memohon rakyat terus-menerus mempertahankan kemampuan fisik kemudian daya tahan tubuh, mematuhi peraturan pemerintah, lalu mengingatkan satu sejenis lain.

Demikian infromasi mengenai apakah Mycoplasma Penumonia sanggup menular dan juga perkembangannya sejauh ini pada Indonesia. Semoga Anda masih sehat lalu dapat saling menjaga kebersihan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button