Kesehatan

Sakit Kanker Ginjal Seperti Vidi Aldiano, Bisakah Disebabkan Kencing Batu? Ini adalah Kata Dokter

Quantavillage.com – Ada sejumlah faktor faktor neoplasma ginjal seperti yang dimaksud diidap Vidi Aldiano. Termasuk, bisakah kencing batu menyebabkan neoplasma ginjal?

Baru-baru ini publik dilanda kabar kurang menyenangkan, dengan kondisi terbaru Vidi Aldiano disebut semakin lemah, bahkan pelantun Nuansa Bening itu harus menjalani terapi cuci darah atau hemodialisis dua hari sekali.

“Bulan ini mulai treatment yang tersebut lumayan intensif, lalu spa day (cuci darah) pun sekarang tiap dua hari sekali. Jujur badan lagi banyak lemah kemudian sakitnya these past few weeks,” tulis Vidi di Instagram Story.

Meski umum belum tahu apa pemicu utama Vidi sakit neoplasma ginjal sejak 2019 lalu. Namun netizen dibuat kagum dengan perjuangan suami Sheila Dara itu yang mana tidaklah pantang menyerah, bahkan masih bersemangat hingga terus berkarya di area bidang hiburan.

Fakta sakit karsinoma Vidi Aldiano. (Instagram/@vidialdiano)
Fakta sakit tumor ganas Vidi Aldiano. (Instagram/@vidialdiano)

Kencing Batu Menyebabkan Kanker Ginjal

Sementara itu, tidak ada terkait dengan kondisi Vidi Aldiano dikarenakan tidak ada melakukan pemeriksaan dengan segera dan juga berdasarkan kondisi rakyat umum, Dokter Spesialis Urologi Eka Hospital Bekasi dr. Regi Septian, SpU, M.Kes, FICS menjelaskan kencing batu atau batu saluran kemih memang benar bisa jadi menyebabkan karsinoma ginjal, tapi peluangnya sangat kecil.

“Kalau batu-batu (saluran kemih) besar (bisa sebabkan karsinoma ginjal), tapi batu ini juga jarang sanggup menyebabkan gagal ginjal,” ujar dr. Regi pada edukasi metode ECIRS di tempat Harapan Indah, Bekasi Utara, Rabu (13/12/2023).

Batu saluran kemih atau kencing batu adalah penyakit yang dimaksud disebabkan adanya pembentukan batu pada organ saluran kemih yang dimaksud meliputi organ ginjal, ureter, kandung kemih hingga uretra.

Menurut dr. Regi, kesempatan neoplasma ginjal ini bisa saja terjadi apabila batu kencing berukuran besar lalu menggesek saluran ginjal serta saluran kemih sebab bisa jadi menyebabkan iritasi kronis.

“Batu besar dapat sebabkan neoplasma ginjal dikarenakan menyebabkan sel iritatif kronis. Jika iritasi terus menerus ini terjadi makan dinding sel dapat berubah, lalu sebab ganas (sel kanker),” ungkap dr. Regi.

Tapi dokter lulusan Magister Kesejahteraan Universitas Padjajaran itu menegaskan potensi kencing batu ini menyebabkan neoplasma ginjal sangatlah kecil, semata-mata terjadi pada batu ginjal besar yang digunakan dibiarkan terus menerus lalu iritasi.

“Tapi ini terjadi pada batu yang sangat kronis juga besar,” pungkas dr. Regi.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button