Teknologi

Pasar Smartphone Premium Tumbuh, Ini adalah Juaranya

Quantavillage.com – Counterpoint Research memposting ikhtisar bursa smartphone premium pada 2023.

Menurut penelitiannya, berdasarkan hasil awal Q4 2023, transaksi jual beli ponsel cerdas dengan biaya lebih besar dari 600 Dolar Negeri Paman Sam (Rp9,29 juta) meningkat sebesar 6 persen setiap tahunnya.

Hal ini berbeda dengan proyeksi penurunan pangsa ponsel pintar secara keseluruhan, sebagaimana menyampaikan laman GSM Arena, Rabu (3/1/2024).

Para analis menyatakan 24 persen dari seluruh ponsel pintar saat ini masuk di kategori premium.

Menariknya, segmen ini tumbuh pada lingkungan ekonomi negara berkembang.

Pasar smartphone premium 2023. [Counterpoint]
Pasar smartphone premium 2023. [Counterpoint]

Menurut Analis Senior Varun Mishra, konsumen sekarang bersedia membayar tambahan untuk perangkat berkualitas tinggi yang dapat digunakan di jangka waktu lebih lanjut lama.

Apple tetap memperlihatkan menjadi pemimpin lingkungan ekonomi yang tak terbantahkan pada segmen ini, dengan perdagangan 4 kali lebih banyak sejumlah dibandingkan Samsung yang mana berada pada sikap kedua.

Meskipun Apple mengalami penurunan dengan total 71 persen dari sebelumnya 75 persen, perusahaan pimpinan Tim Cook itu masih merajai smartphone premium di dalam tahun 2023.

Sementara pabrikan selama Korea berhasil mempersempit kesenjangan tersebut, didorong oleh keberhasilan perdagangan Galaxy S23 juga perangkat lipatnya.

Meskipun tipis, Samsung berhasil meningkatkan jualan di area pangsa pangsa smartphone premium dari 16 persen menjadi 17 persen sepanjang 2023.

Huawei juga melakukan pekerjaan yang digunakan baik dengan jajaran Mate 60 di tempat China kemudian mencatatkan peningkatan dari 3 persen, menjadi 5 persen.

Pertumbuhan bursa premium didorong oleh jualan di tempat China, Eropa Barat, India, dan juga kawasan MEA.

Counterpoint Research mengungkapkan bahwa China, India, lalu Amerika Latin kemungkinan akan mencatat rekor baru di transaksi jual beli bursa premium.

India menjadi pangsa dengan pertumbuhan tercepat secara global.

Pertumbuhan ini khususnya didorong oleh segmen ultra-premium, yaitu perangkat yang berharga 1.000 Dolar Amerika Serikat (Rp15,49 juta) atau lebih.

Merek smartphone premium 2023. [Counterpoint]
Merek smartphone premium 2023. [Counterpoint]

Para pengamat menilai, perangkat premium akan melampaui lingkungan ekonomi ponsel pintar secara keseluruhan.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button