Nasional

Ganjar-Mahfud Akan Buka Akses Pekerjaan bagi Penyandang Disabilitas

Quantavillage.com – JAKARTA – Para penyandang disabilitas mendapatkan perhatian pasangan calon presiden dan juga duta presiden (capres-cawapres), Ganjar Pranowo-Mahfud MD . Paslon nomor urut 3 itu akan membuka akses pekerjaan bagi para penyandang disabilitas seperti layaknya orang biasa apabila terpilih dalam Pilpres 2024.

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Bagaskoro mengatakan, pasangan Ganjar-Mahfud sangat menggalang upaya yang mana dijalankan agar para difabel sanggup berdaya. Namun faktanya, ketika ini banyak penyandang disabilitas yang digunakan digaji di tempat bawah UMR.

“Karena itu, Ganjar-Mahfud berjanji akan memberikan insentif untuk perusahaan-perusahaan yang tersebut mau merekrut kaum difabel serta menggaji dengan layak, jikalau merekan menang pada Pilpres tahun ini,” kata Aryo Seno pada keterangannya, Rabu (3/1/2023).

Banyak pihak berharap Ganjar-Mahfud memberi perhatian khusus untuk kaum difabel jikalau terpilih di Pilpres 2024. Salah satunya, Ketua Umum Yayasan Disabilitas Kreatif Indonesia (YDKI), Osmiyati Afarida Nurifai.

Menurutnya, penyandang disabilitas masih mengalami diskriminasi di pekerjaan dan juga keberadaan sosial.
Karena itu ia juga berharap Ganjar-Mahfud bisa saja membentuk Kementerian Pemberdayaan Disabilitas.

“Kaum (penyandang) disabilitas butuh Kementerian Pemberdayaan Disabilitas, bukanlah perempuan saja,” katanya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Lingkup Pembangunan Manusia kemudian Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, pemerintah pada waktu ini terus memperhatikan keperluan dan juga hak-hak penyandang disabilitas.

Upaya pemerintah pada memperhatikan penyandang disabilitas juga telah terjadi tertuang pada regulasi UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Ganjar-Mahfud berjanji merealisasikan hak-hak kaum difabel sebagaimana tertuang pada undang-undang tersebut.

(Sumber: SindoNews)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button